Senin 30 Jul 2018 22:25 WIB

Botol Air Minum Berisiko Jadi Sarang Penyakit

Botol air minum disebut memiliki bagian-bagian lembap dan berpotensi tumbuh bakteri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Air minum dalam botol.
Foto: Flickr
Air minum dalam botol.

REPUBLIKA.CO.ID, INDIA -- Mayoritas orang-orang akan mengisi botol air mereka, meminumnya sampai tetes terakhir, mengisi ulang, dan mengulangi setiap hari. Padahal terlepas dari material botol air, sangat penting untuk mencuci dan membersihkannya setiap hari.

Dikutip dari Times of India, Senin (30/7), botol air minum memiliki bagian-bagian yang lembap. Hal ini menjadikan botol air minum sebagai tempat sempurna berkembang biak bakteri yang dapat menyebabkan diare dan muntah.

Meskipun botol air minum anda memiliki tutup di atasnya, tetap saja harus dibersihkan dengan sikat khusus atau sikat gigi. Jika tidak, bakteri Escherichia coli akan berkembang dan membuat anda rentan terhadap gastroenteritis dan keracunan makanan. Terkadang jamur dapat tumbuh di area botol air minum.

Mencuci botol dengan cairan pencuci piring dan air hangat adalah metode teraman. Siapkan air sabun, bersihkan botol dengan sikat, dan bilas sampai residu sabun hilang.

Pastikan anda membiarkannya dalam posisi terbalik  dan alasi oleh handuk kertas untuk proses pengeringan. Dengan cara seperti ini bakteri tidak menemukan cara untuk masuk dalam botol air minum.

Selain itu, anda juga dapat membersihkan botol air minum dengan cuka. Caranya, campurkan air dan cuka (dengan takaran setengah porsi untuk masing-masing bahan). Rendam botol dan diamkan sepanjang malam, kemudian bilas di pagi hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement