Jumat 27 Jul 2018 18:04 WIB

Tak Hanya Pisang, 5 Makanan ini Juga Tinggi Kalium

Alpukat juga diketahui memiliki jumlah kalium tinggi yaitu 487 mg

Rep: Nora Azizah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pisang (ilustrasi)
Pisang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAkARTA -- Kalium merupakan mineral dan elektrolit yang penting bagi tubuh. Fungsi kalium untuk menjaga tekanan darah normal, mengangkut nutrisi ke sel, serta mendukung fungsi saraf dan otot yang sehat. Seseorang membutuhkan asupan kalium 4.700 mg untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun banyak yang tidak mencukupi kalium untuk tubuh dari konsumsi makanan sehari-hari.

Selama ini, pisang dikenal sebagai sumber kalium atau potassium paling tinggi. Tidak heran bila orang-orang mengonsumsi pisang apabila merasa kekurangan kalium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung kalium sekitar 422 mg.

Namun ternyata, pisang bukan satu-satunya sumber potasium yang bisa dikonsumsi. Berikut beberapa jenis makanan yan mengandung kalium cukup besar versi Health Line.

photo
Buah alpukat.

1. Alpukat

Siapa yang tak kenal dengan buah alpukat. Buah yang satu ini dikenal mengandung lemak baik. Alpukat juga merupakan sumber vitamin K dan folat. Ternyata, setengah buah alpukat atau sekitar 100 gram mengandung 487 mg potasium.

Jika melahap alpukat satu buah utuh maka sudah bisa mendapatkan 20 persen kebutuhan potasium harian bagi tubuh. Selain itu, alpukat juga berguna bagi orang dengan tekanan darah tinggi. Mereka membutuhkan asupan kalium.

Sebuah penelitian dari Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) telah melakukan verifikasi bahwa polium sangat berguna bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Alpukat rendah sodium, dan setengah buahnya menyediakan 7 mg atau 0,5 persen dari asupan diet sodium yang disarankan.

 

photo
Petani memanen kentang di perladangan lereng gunung Sindoro desa Tambi, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Kamis (21/6).

2. Kentang

Seperti alpukat, kentang juga makanan populer yang sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Di dalam kentang terdapat beragam nutrisi, salah satunya potasium. Satu buah kentang berukuran sedang mempunyai kadar potasium mencapai 541 mg. Selain potasium, kentang juga rendah lemak, mengandung sedikit protein, serta bagus sebagai sumber karbohidrat dan serat. Kentang juga mengandung vitamin A. Mengonsumsi kentang dengan kombinasi daging dan buncis sangat disarankan.

 

photo
Sayuran bayam.

3. Bayam 

Sayuran yang satu ini tentu saja mudah ditemukan. Satu genggam bayam atau sekitar 156 gram ternyata mengandung 540 mg potasium. Tetapi tidak hanya itu, bayam juga dilengkapi banyaj nutriai lain. Bayam juga mengandung vitamin A dan K, folat, serta magnesium. Bahkan untuk bayam mentah mengandung potasium lebih banyak, yakni 588 mg. Bayam mentah juga lebih mengenyangkan.

 

photo
Semangka

4. Semangka

Semangka tergolong jenis buah yang disukai banyak orang. Sekitar dua potong atau 1/8 bagian buah semangka utuh dengan berst 572 gram mengandung 640 potasium. Dalam ukuran tersebut juga diperkaya 172 kalori, karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Semangka merah ini juga kaya akan vitamin A dan C, serta magnesium.

 

photo
Air kelapa/ilustrasi

5. Air Kelapa

Selama ini air kelapa diklaim sebagai minuman terbaik untuk menghilangkan dehidrasi. Itu sebabnya para atlet olahraga selalu disarankan minun air kelapa untuk mengembalikan elektrolit di dalam tubuh.

Kandungan gula yang natural juga menjadi sumber energi alami. Dalam satu gelas air kelapa atau setara 240 ml ternyata mengandung 600 mg potasium. Ditambah lagi, air kelapa juga sumber dari magnesium, kalsium, dan sodium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement