Ahad 22 Jul 2018 10:04 WIB

Lima Bahan Alami untuk Sembuhkan Kulit Terbakar Matahari

Panas matahari bisa menyebabkan kulit terbakar, ruam, dan alergi kulit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nur Aini
Bahaya kulit terbakar matahari
Foto: Boldsky
Bahaya kulit terbakar matahari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panas terik matahari dapat menyebabkan kulit terbakar, ruam, dan alergi kulit. Terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit terkelupas, kemerahan, lecet, bintik-bintik hitam, kehilangan cairan, gatal, atau nyeri.

Ada cara menghilangkan panas matahari, yakni mandi air dingin dan minum minuman menyegarkan. Tetapi dengan tingkat pemanasan global yang terus meningkat, tampaknya dua cara itu tidak cukup.

Obat seperti minyak esensial, herbal, suplemen vitamin dan mineral, buah-buahan serta sayuran adalah solusi yang tepat untuk membuat kulit tetap sejuk dan segar. Akan tetapi, ada beberapa bahan yang bisa merawat kulit agar tetap nyaman meski terkena matahari.

1.    Cuka Sari Apel

Minum satu sendok makan cuka sari apel dicampur dengan segelas air atau campurkan satu cangkir ke bak mandi anda. Hal itu membantu menjaga pH tubuh anda dan menyembuhkan kulit terbakar.

2.    Lidah buaya

Ambil potongan kecil lidah buaya dan gosokkan pada kulit atau melembabkan dengan losion yang mengandung lidah buaya untuk efek menenangkan kulit, seperti yang dikutip Indian Express, Ahad (22/7).

photo
Lidah Buaya bagus untuk kulit

3.    Kantong teh

Rendam beberapa kantong teh dengan air dingin dan aplikasikan ke bulu mata dan di bawah mata untuk menyembuhkan luka bakar, ruam, dan rasa sakit.

4.    Yogurt

Yogurt adalah sahabat terbaik untuk menyingkirkan sengatan matahari. Yogurt juga merupakan pembersih yang bagus. Oleskan susu atau yogurt dingin ke kulit untuk mendinginkan dan membantu mengurangi peradangan.

photo
Yogurt juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit.

5.    Minyak kelapa

Minyak kelapa tidak hanya menyembuhkan luka bakar, tetapi juga mengencangkan kulit serta mencegah kerutan dan kerusakan lainnya. Minyak kelapa juga kaya lemak khusus yang meningkatkan metabolisme.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement