Rabu 18 Jul 2018 08:30 WIB

Tips Atasi Masalah Kredit Mobil atau Motor

Jangan terjebak dalam lilitan utang cicilan mobil.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Membeli mobil
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Membeli mobil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat Anda mengajukan permohonan pinjaman atau kredit apapun, sangat penting untuk menyadari pro kontranya dalam kehidupan Anda. Rasanya mengerikan ketika menyadari Anda bangkrut dan tak bisa membayar sejumlah cicilan tepat waktu.

Kredit mobil dan motor tak masalah, namun ketika Anda terikat kontrak kredit, Anda harus membayar sejumlah uang setiap bulan. Anda harus membayar tak peduli sedang banyak uang atau tidak. Sikap Anda sangat berarti jika tak ingin terjebak dalam lilitan utang cicilan mobil. Berikut beberapa pilihan agar terhindar dari risiko cicilan mobol dan motor, dilansir dari Kick Vick, Rabu (18/7).

Ini yang Perlu Diperhatikan Pemudik Roda Dua

Ukur ekuitas

Pengetahuan tentang jumlah yang bisa Anda bayar sangat penting. Anda bisa dengan mudah mengenal kemampuan ekonomi sendiri, sebab banyak platform yang bisa digunakan untuk menghitung nilai kendaraan Anda. Hitung saldo Anda setelah cicilan dibayar, dan tentukan persen targetnya.

Pekerjaan kedua

Ketika Anda merasa butuh uang tambahan, solusinya adalah melakukan pekerjaan kedua, misalnya paruh waktu. Ini akan menjadi alat untuk berjaga-jaga jika tanpa sadar Anda menggunakan uang yang seharusnya dipakai untuk cicilan kendaraan.

Lelang barang yang tak dibutuhkan

Cara lain yang efektif adalah menjual beberapa barang bernilai yang tak digunakan lagi. Ada banyak situs penjualan, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya yang sangat efisien dan menguntungkan Anda. Menjual beberapa barang tak dibutuhkan juga membuat rumah Anda lebih lega, lebih bersih, dan memperkuat kantong Anda.

Kontak perusahaan leasing

Anda dapat langsung menjelaskan alasan Anda kepada perusahaan leasing jika Anda tak bisa membayar cicilan tepat waktu bulan ini. Jelaskan poin Anda, ketimbang menghentikan kredit lebih awal dan membiarkan perusahaan menarik kembali mobil dan motor Anda. Dalam situasi ini, perusahaan leasing sering memberi bantuan pembayaran selama beberapa bulan kepada klien mereka, jika ada win win solution untuk kedua belah pihak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement