Rabu 18 Jul 2018 06:42 WIB

Cara Mudah Kenali Ikan Berformalin

Lalat tidak mau berkeliaran di dekat ikan berformalin.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Pedagang ikan di pasar.
Foto: Antara
Pedagang ikan di pasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun para ibu harus berhati-hati dalam membeli ikan.

Sebab, ada saja pedagang yang menggunakan zat formalin untuk mengawetkan ikan. Ahli diet di Max Hospital, Dr Ritika Samadar mengungkapkan cara mudah mengenali ikan berformalin dilihat dari bau dan teksturnya.

“Ikan yang diawetkan dengan formalin akan kaku, bersisik keras,” ujar Samadar, dilansir dari Indian Express.

Baca Juga: Hati-Hati Makanan Laut Mengandung Mikroplastik

Ikan yang berformalin juga tidak mengeluarkan bau amis seperti biasanya. Lalat juga tidak berkeliaran di dekat ikan yang diawetkan dengan formalin.

Selain itu, Dr Joydeep Ghosh dari Fortis Hospital di Kolkata menuturkan cara menangani ikan berformalin yang terlanjur terbeli. “Satu-satunya cara menghilangkan formalin pada ikan adalah dengan mencucinya dengan air keran selama 10 hingga 12 menit. Tidak cukup direndam dalam air,” kata Ghosh.

Ghosh mencatat berbagai efek yang dapat terjadi pada kesehatan manusia jika mengonsumsi ikan berformalin. Yakni, sakit perut, efek berbahaya pada hati, penyakit kulit (jika bahan kimia bersentuhan dengan kulit), memburuknya masalah pernafasan, mata berair dan gatal, serta memiliki konsekuensi serius seperti kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement