Selasa 17 Jul 2018 23:15 WIB

Tiga Bahasa Asing Ini Wajib Dikuasi Anak Milenials

Tiga bahasa itu yakni Prancis, Jerman, dan Mandarin.

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani
Bendera Prancis
Foto: blogspot.com
Bendera Prancis

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Bingung memilih bahasa asing yang harus dikuasai buah hati? Pusat Penelitian dan Opini Ekonomi Bisnis bersama Bandara Heathrow belum lama ini melakukan survei terhadap 2 ribu orang tua.

Berdasarkan laporan The Independent, penelitian tersebut menyatakan anak-anak harus dibekali bahasa asing selain Inggris. Namun, jawabannya bukan Spanyol yang diklaim akan memiliki kesamaan dengan Inggris.

Hasil survei menyebutkan tiga bahasa asing yang harus dikuasai generasi milenials, yakni Prancis, Jerman, dan Mandarin. Survei tersebut dilakukan pada orang tua dengan anak di bawah usia 18 tahun. Kemudian responden juga ditambah dengan melibatkan 500 pemimpin bisnis di seluruh Inggris.

Sebanyak 45 persen orang tua menyatakan, anak-anak mereka tidak bisa berbicara bahasa ke dua. Kemudian 19 persen mengatakan tidak tertarik untuk belajar. Satu dari 10 orang tua menyebutkan, bahasa asing dianggap terlalu sulit untuk dikuasai.

 

"Belajar bahasa menjadi satu investasi di masa depan," ujar Profesor Perkembangan Linguistik dari Universitas Edinburgh Antonella Sorace. Anak-anak yang mempelajari bahasa akan menjadi lebih sadar budaya yang beragam, serta mengenal lebih banyak karakter orang dari negara lain.

Keterampilan membacanya juga lebih mahir. Di dalam penelitian menyebutkan, bahasa Jerman, Prancis, dan Mandarin merupakan tiga bahasa yang harus dikuasai anak-anak untuk menunjang kehidupan mereka 10 tahun mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement