Senin 16 Jul 2018 18:50 WIB

Memadukan Apartemen Islami dengan Sekolah Berasrama

Konsep ini adalah yang pertama di tanah air

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Hiru Muhammad
ilustrasi gedung apartemen zam zam tower di kawasan depok jawa barat.
Foto: dok. Grand Zam Zam Tower
ilustrasi gedung apartemen zam zam tower di kawasan depok jawa barat.

REPUBLIKA.CO.ID DEPOK -- Tidak banyak apartemen yang dibangun dengan mengusung konsep Islami. Apalagi bila di kawasan hunian vertikal tersebut dilengkapi dengan fasilitas sekolah berasrama atau boarding school. 

Konsep yang baru pertama kali di Indonesia tersebut kini dapat dijumpai pada apartemen Grand Zam-Zam Towers. Kompleks apartemen  yang berada di kawasan Margonda Depok Jawa Barat ini terdiri dari sembilan gedung, dua diantaranya digunakan sebagai sekolah berasrama Zamzam Syfa School. 

"Keberadaan Zamzam Syifa Boarding School di kompleks apartemen merupakan yang pertama di Indonesia," kata pengurus Zamzam Syifa Boarding School, Abdullah Muas usai acara launching Zamzam Syifa Boarding School di kompleks Apartemen Grand Zamzam Towers, Jalan Margonda, Depok, Ahad (15/7).

Sekolah berasrama bagi siswa SMP dan SMA ini berdiri atas kerjasama manajemen Apartemen Grand Zamzam Towers dengan As Syifa Boarding School Subang, Jawa Barat. Zamzam Syifa Boarding School  menawarkan sejumlah pendidikan yang utama. Yakni akademis, tahfidz Al Quran, pendidikan bahasa asing, Inggris dan Arab, pembangunan karakter,  kepemimpinan dan wirausahawan. 

Menurut Muas, pada tahun ajaran 2018 ini, pihaknya akan menempati empat lantai di satu gedung apartemen yakni di Tower Cordoba. Dua lantai untuk ruang kelas dan dua lantai untuk asrama. Pembagian asrama dibagi dua, untuk siswa putri dan putra.

"Saat ini total siswa untuk angkatan pertama ada 43 siswa yang terdiri dari satu kelas tingkat SMP sebanyak 24 siswa dan tingkat SMA 19 siswa. Kegiatan sudah mulai program masa orientasi selama sepekan," tutur Muas. 

Marketing Manager Apartemen Grand Zamzam Towers, Ahmad Reza mengatakan, unit apartemen untuk Tower Cordoba sudah 30 persen terjual. Pemasaran dilakukan dengan konsep membayar cicilan unit dari uang sewa unit. "Membeli unit dengan mencicil, lalu diserahkan kepada pengelola untuk disewakan dan uang sewa digunakan untuk bayar cicilan," kata Reza. 

Konsep kompleks apartemen Islami terlihat dari ikon keberadaan masjid bernuansa timur tengah yang megah berada di depan kompleks Apartemen Grand Zamzam Towers. "Masjid dan Zamzam Syifa Boarding School menjadi nilai jual kami, apartemen Grand Zamzam Towers pelopor apartemen pertama bernuansa Islami di Indonesia," katanya.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menyambut positif pembangunan Apartemen Grand Zamzam Towers yang bernuansa Islami, apalagi di dalamnya ada pondok pesantren berkelas. "Ini namanya pesantren masuk apartemen, konsepnya sesuai jargon Kota Depok yang Unggul, Nyaman, dan Religius," kata Pradi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement