Selasa 10 Jul 2018 10:11 WIB

Busan Jadi Destinasi Terbaik Asia 2018 Versi Lonely Planet

Lonely Planet memasukkan Taman Nasional Komodo di urutan ke-10.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Sudut Kota Busan, Korea Selatan.
Foto: EPA
Sudut Kota Busan, Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Bagi kebanyakan pelancong, kenyamanan tempat dan harga menjadi pertimbangan utama saat berwisata. Kenyamanan berwisata bisa ditunjang berbagai aspek, mulai dari layanan penginapan, transportasi, hingga kuliner.

Dilansir Malay Mail, Selasa (10/7), Kota Pelabuhan Busan, Korea Selatan kini menempati urutan teratas sebagai destinasi 'Terbaik di Asia'. Busan menawarkan kegiatan 'eklektik', dari mulai mendaki ke kuil Budha, menikmari mata air panas, hingga pesta hidangan laut di pasar ikan terbesar di negara ini.

Busan dinobatkan sebagai tujuan terbaik di Asia 2018 oleh para ahli perjalanan di Lonely Planet. Kota ini dianggap piawai mengawinkan budaya dan kuliner.

Untuk edisi ketiga daftar 'Terbaik di Asia' Lonely Planet, editor mengumpulkan 10 tujuan yang layak dikunjungi selama 12 bulan ke depan, yang menjangkau Asia Timur, Selatan, dan Barat. Termasuk Indonesia.

Pada bulan Mei, Busan menyelenggarakan upacara pembukaan yang merayakan gelarnya sebagai East Asia's Culture City 2018, sebagai bagian dari kesepakatan bersama antara Jepang, Cina, dan Korea. Setiap tahun, tiga kota dipilih untuk mempromosikan pengembangan seni dan budaya di kawasan ini. Busan berbagi gelar tahun ini dengan Harbin, Cina, dan Kanazawa di Jepang. Busan adalah kota terbesar kedua di Korea Selatan setelah Seoul.

Uzbekistan menempati urutan kedua sebagai tujuan wisata di Asia. Dengan pemandangan masjid-masjid berbalut mosaik yang cantik, tahun lalu, negara itu mengumumkan skema bebas visa baru dan memperkenalkan rute udara baru dan ekstensi ke jalur kereta api berkecepatan tinggi. Ini tak terlepas dari upaya meningkatkan pariwisata internasional dan menarik wisatawan ke situs permata dan reruntuhan kuno di Uzbekistan.

Selanjutnya, Kota Ho Chi Minh di Vietnam yang menawarkan pengalaman belanja di butik-butik vintage, kedai kopi independen serta pabrik-pabrik inovatif yang mengubah kota menjadi megalopolis Asia yang ramai.

Berikut 10 destinasi teratas dalam daftar Terbaik di Asia 2018 versi Lonely Planet:

1. Busan, Korea Selatan

2. Uzbekistan

3. Kota Ho Chi Minh, Vietnam

4. Ghats Barat, India

5. Nagasaki, Jepang

6. Chiang Mai, Thailand

7. Lumbini, Nepal

8. Teluk Arugam, Sri Lanka

9. Sichuan, Cina

10.Taman Nasional Komodo, Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement