Senin 02 Jul 2018 20:09 WIB

5 Negara Ini Dinilai Paling Pengaruhi Budaya Dunia

US News and World Report memeringkat negara yang paling memengaruhi budaya dunia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Peragaan busana Gucci.
Foto: EPA
Peragaan busana Gucci.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pengaruh suatu negara secara global sering diukur dengan kekuatan militer, politik, atau ekonomi. Akan tetapi, untuk beberapa negara, pengaruh besar itu bisa berupa budaya, seperti makanan, mode, atau hiburan.

US News and World Report baru-baru ini membuat peringkat negara yang dinilai paling memengaruhi budaya dunia. Berikut lima negara dalam peringkat teratas yang berlokasi di Eropa, dikutip dari laman BBC.

- Italia

Tidak heran kalau Italia sering dijuluki negara fashion karena merupakan rumah dari sederet jenama mode ternama seperti Valentino, Armani, Versace, dan Gucci. Tidak hanya gaya busana dan mode, negara ini juga sangat berpengaruh dalam hal kuliner dan mebel.

- Prancis

Orang Prancis sangat bangga dengan identitas mereka yang 'membentuk' budaya dunia, juga kota-kota bersejarahnya yang menjadi destinasi wisata utama. Seni, mode, sampai makanan Prancis, dikenal di seluruh dunia, bahkan di tempat terpencil yang sangat jauh dari negara itu.

- Amerika Serikat

Apapun yang sedang tren di Amerika Serikat, tidak mustahil segera populer di seluruh dunia. Selain New York yang dijuluki Big Apple, AS punya Hollywood di Los Angeles, penghasil hiburan yang memengaruhi cara warga dunia berbicara, berpakaian, sampai berpikir.

- Spanyol

Kerajaan Spanyol adalah kekuatan dunia pertama yang mendanai eksplorasi keliling dunia. Mungkin itu sebabnya bahasa Spanyol adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia (setelah bahasa Cina), diukur dari penutur aslinya. Film, TV, dan musik Spanyol juga amat mendunia.

- Britania Raya

Britania Raya atau Inggris menjadi negara dengan pengaruh budaya yang prestisius, tetapi pusatnya tidak hanya di London. Ada Edinburgh, kota 'kelahiran' Harry Potter sekaligus tempat diselenggarakannya festival seni terbesar dunia, Fringe Festival.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement