Jumat 29 Jun 2018 10:51 WIB

Bijan, Merek Tas Istri Najib Razak yang Mendadak Populer

Diprediksi mereka yang berbelanja di Bijan bisa menghabiskan 100 ribu dolar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Salah satu tas produksi Bijan.
Foto: dok Bijan
Salah satu tas produksi Bijan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa hari lalu warganet Malaysia disibukkan dengan merek Bijan. Banyak yang bertanya apakah itu Bijan. Tak sedikit pula yang bingung mengapa merek Bijan bisa populer.

Ternyata, Bijan berkaitan dengan sebuah konferensi pers yang menyebut merek tersebut terkait dengan pengungkapan barang-barang mewah yang disita dari mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak.

Pihak berwenang Malaysia telah melakukan penggerebekan di tempat tinggal Najib terkait dengan investigasi skandal dana negara Malaysia Development Berhad atau 1MDB.

Total uang tunai dan nilai barang-barang mewah yang disita mencapai sekitar 1,1 miliar ringgit Malaysia atau sekitar 270 juta dolar AS. Di antara barang-barang mewah itu adalah tiara dan tas buatan khusus, Bijan.

Nama Bijan tidak dikenal, bahkan bagi wartawan. Media yang datang di konferensi pers bahkan harus meminta Amar Singh, Kepala Bagian Investigasi Kejahatan Komersial yang memimpin investigasi, untuk mengeja nama merek tersebut.

Apakah nama Bijan ini kebalikan dari nama Najib? Banyak wargent juga mempertanyakan apakah merek itu benar-benar dimiliki oleh mantan perdana menteri sendiri.

Sebenarnya, Bijan adalah produk dari House of Bijan, sebuah toko butik yang didirikan oleh mendiang desainer Amerika-Iran Bijan Pakzad di Beverly Hills, California. The House of Bijan, yang mengklaim sebagai 'toko laki-laki paling mahal di dunia', telah dipakai orang-orang besar seperti mantan presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, George dan George W Bush, dan bahkan orang nomor satu Rusia Vladimir Putin.

Berikut adalah lima hal yang harus Anda ketahui tentang merek itu.

Tas tangan Bijan

Tas Bijan buatan khusus dalam konferensi pers berdampingan dengan merek-merek mewah lainnya seperti Hermes. Tas ini milik istri Najib, Rosmah Mansor.

Namun, setelah melihat sekilas tas Bijan, yang terstruktur mirip dengan berbagai tas Birkin dari merek Prancis Hermes. Tas Bijan hadir dalam berbagai warna-warna cerah dan beberapa terbuat kulit buaya. Namun, tidak jelas berapa biayanya.

photo
Polisi Malaysia menyita beberapa ratus tas dan lusinan koper berisi uang tunai, perhiasan dan barang berharga lainnya sebagai bagian dari investigasi korupsi dan pencucian uang mantan Perdana Menteri Najib Razak di Kuala Lumpur, Malaysia Jumat, (18/5).

Tautan Bijan ke politikus

Seperti yang disebutkan sebelumnya, merek tersebut telah menarik banyak pria berpengaruh, baik di Hollywood maupun di dunia politik.

Butik House of Bijan, yang terletak di Rodeo Drive di Beverly Hills, California, dihiasi dengan foto-foto berbingkai dari orang-orang tenar, dari Sir Anthony Hopkins dan Michael Jordan, hingga Pangeran Charles.

Bahkan, ada ruang ganti yang didedikasikan untuk keluarga Bush, dengan dinding-dinding dihiasi poster yang ditandatangani George W Bush dan foto berbingkai keluarganya. Semuanya mengenakan pakaian dan aksesoris House of Bijan.

Bijan: Rumah dasi 1.000 dolar AS

Meskipun tidak jelas berapa banyak biaya tas Bijan, orang yang penasaran dapat mengukur harga berdasarkan barang-barang merek lainnya. Seperti dasi seharga 1.000 dolar AS.

Dalam sebuah wawancara dengan Forbes pada 2017, pewaris Rumah Bijan, Nicholas Bijan, mengatakan bahwa hubungan eksklusif mereka diproduksi dalam jumlah terbatas untuk setiap desain. Ini berarti mungkin hanya ada dua dasi dengan desain yang sama di seluruh dunia. Ia juga menunjukkan jaket yang terbuat dari sutra dan kulit yang harganya 10 ribu dolar AS.

Butik luks Bijan

Rolls Royce edisi terbatas yang diparkir di luar butik adalah tanda pasti bahwa tokonya hanya untuk orang kaya, seperti yang dijelaskan oleh media lain.

Sebuah lampu kristal yang dihiasi dengan puluhan parfum botol Bijan ada di pusat butik dua lantai dengan lukisan asli 1968 oleh seniman Kolombia Fernando Botero yang tergantung di salah satu dinding kuningnya. Telah dilaporkan bahwa pembeli yang pergi ke butik menghabiskan rata-rata 100 ribu dolar SD per orang.

Bisnis Bijan

Bijan Pakzad meninggal pada 26 April 2011 karena strok. Toko House of Bijan's Rodeo Drive dijual ke LVMH, konglomerat barang multimewah Prancis, pada tahun 2016.

Putranya, Nicholas Bijan, adalah wajah dan pemimpin baru dari merek tersebut, yang dilaporkan melipatgandakan pendapatannya pada tahun 2016 menjadi hampir 30 juta dolar AS pada tahun penjualannya, dilansir dari Channel News Asia, Jumat (29/6).

photo
Istri mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor meninggalkan gedung Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya, Malaysia, Selasa (5/6).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement