Rabu 27 Jun 2018 09:15 WIB

Benarkah Roti Panggang Berubah Nilai Gizinya?

Roti yang dipanggang keemasan lebih baik dari roti yang kecokelatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Roti panggang.
Foto: Pixabay
Roti panggang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari juru masak amatir hingga yang berpengalaman, pesona roti panggang memang benar-benar tidak dapat disangkal. Selain penyajian yang cepat, roti panggang memang menawarkan rasa yang lezat.

Selain itu, jika Anda menggunakan alternatif yang sehat seperti gandum utuh, roti panggang pun tergolong sehat. Jamak diketahui, roti panggang adalah roti sederhana yang berubah menjadi kecokelatan setelah dipanggang.

Namun, tak sedikit pula yang mempertanyakan. Apakah roti panggang memiliki efek pada nilai gizinya?

Dilansir Times of India, Rabu (27/6), sebenarnya memanggang tidak benar-benar berdampak pada nutrisi roti. Justru perubahan kimia yang terjadi bisa menunjukkan seberapa sehat roti tersebut.

Memang, perbandingannya, seperti satu irisan roti gandum mengandung lima persen dari folat harian yang direkomendasikan, sementara roti panggang memiliki empat persen. Roti panggang memiliki vitamin B lebih kurang daripada roti biasa.

Roti yang dipanggang keemasan lebih baik daripada roti panggang yang lebih gelap. Namun, bagaimanapun, memanggang roti tidak hanya membuat raga sehat tapi juga rasanya mantap di lidah. Berikut segudang manfaat roti panggang untuk tubuh manusia.

Diabetes
Orang yang menderita diabetes harus makan roti panggang daripada roti tawar. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition pada Mei 2018, menemukan bahwa roti panggang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Indeks glikemik memperkirakan efek makanan pada tingkat gula darah Anda.

Memanggang roti juga menurunkan jumlah lemak dalam roti panggang. Meskipun lemak dalam roti tidak akan berkurang secara signifikan, tapi akan membuat perbedaan jika Anda makan roti setiap hari. Pelaku juga bisa memilih roti panggang daripada roti biasa.

Diare
Roti panggang adalah metode yang bagus untuk membantu orang yang menderita diare. Roti panggang bisa mengobati diare. Roti panggang juga merupakan bagian dari diet anti-diare terbesar. Yaitu BRAT (banana, rice, apple, toast) yang mewakili pisang, nasi, apel, dan roti panggang. Kombinasi makanan ini sangat cocok untuk melawan diare.

Energi
Roti panggang memiliki pati tanpa indeks glikemik tinggi dan pati adalah cara yang bagus untuk meningkatkan energi. Itulah mengapa makan roti panggang untuk sarapan bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari Anda.

Mual
Memakan roti panggang dapat menyingkirkan rasa mual. Roti panggang susu adalah metode yang paling efektif untuk mengobati kondisi tersebut. Anda bisa gunakan  satu cangkir susu, mentega, dan satu roti panggang. Tetapi cara ini tidak baik untuk flu perut karena produk-produk susu tidak bereaksi dengan baik dengan tubuh Anda ketika Anda terkena flu.





Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement