Selasa 26 Jun 2018 00:18 WIB

RAN Lebih Suka Garap Soundtrack Film

Membuat soundtrack lebih enak karena sudah ada ceritanya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Rayi RAN.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Rayi RAN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik RAN sangat antusias menggarap soundtrack film anak dan keluarga bertajuk Kulari ke Pantai. RAN mengganggap ini adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan dengan memberikan sedikit sumbangsih untuk anak Indonesia.

"Lagu dalam sebuah film apalagi ini film karya Riri Riza dan Mira Lesmana yang insya Allah sudah hampir pasti kemungkinan besar pasti bagus, jadi kita bisa terlibat di dalamnya kita bersyukur sekali," ujar vokalis RAN, Rayi Putra Rahardjo atau dikenal sebagai Rayi RAN.

RAN memang sudah pernah isi soundtrack film. Namun itu sudah cukup lama dan Kulari ke Pantai adalah film besar pertama yang musiknya diisi RAN.

Menurut Rayi membuat lagu soundtrack dan lagu RAN lainnya tentu berbeda. Untuk lagu soundtrack justru lebih enak. Karena mereka sudah diberikan gambaran cerita. Sedangkan untuk menciptakan lagu biasa harus memikirkan inspirasinya dan tema cerita seperti apa.

"Tapi kalau soundtrack enaknya kita sudah dikasih benang merah sudah dikasih arahan. Tinggal kita tantangannya adalah bagaimana bisa menyelaraskan pikiran si pembuat film itu dengan lagu yang kita buat," ujarnya.

RAN mengaku membuat lagu berusaha sejujur mungkin. Apa yang mereka bisa lakukan adalah memberikan yang terbaik. "Mengenai hasil itu wallahu alam di tangan Tuhan. Tapi kita yakin sudah memberikan yang terbaik di soundtrack ini. Tinggal lihat hasilnya nanti saja," ujarnya.

Rayi berharap filmnya Kulari ke Pantai akan sukses dan ditonton hampir semua anak Indonesia. Begitu juga dengan lagunya. Setelah peluncuran film mereka akan melakukan promosi bersama pemain dan kru film.

Kulari ke Pantai juga sudah meluncurkan album original soundtrack (OST). Album yang merupakan produksi kerjasama Miles Music dan Trinity Optima ini berisi enam lagu.

Dua diantaranya adalah dua single yang telah dirilis lagu dan video klipnya yaitu lagu Selamat Pagi milik RAN dan theme song Kulari ke Pantai. Selain itu, bersamaan dengan peluncuran album OST tersebut, film yang segera tayang 28 Juni 2018 mendatang, juga meluncurkan lagu dan video klip single ketiganya yang berjudul Ibuku Cantik. Lagu ini diciptakan Mhala Numata, Tantra Numata dan produser film, Mira Lesmana.

Mira Lesmana mengatakan saat Mhala dan Tantra memberikannya melodi lagu ciptaan mereka dan memintanya untuk menulis lirik lagunya, Mira langsung terbayang hubungan Sam (Maisha Kanna) dan ibunya, Uci (Marsha Timothy) dalam film Kulari ke Pantai. "Melodi ciptaan mereka sangat manis dan saya kemudian menggambarkan bagaimana San mengungkapkan kekagumannua terhadap ibunya dalam lagu ini," ujarnya.





 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement