Ahad 24 Jun 2018 17:00 WIB

Wild West Sumbawa Cruise, Paket Wisata Terbaru di NTB

Turis diajak berkeliling 8 gili melalui paket wisata Wild West Sumbawa Cruise

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Reiny Dwinanda
Foto udara memperlihatkan gugusan pulau Tiga Gili (dari kiri kekanan, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) di pesisir pantai Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB.
Foto: Antara
Foto udara memperlihatkan gugusan pulau Tiga Gili (dari kiri kekanan, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) di pesisir pantai Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAWA BARAT -- Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki begitu banyak pulau kecil atau gili yang menarik untuk dikunjungi. Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno di Kabupaten Lombok Utara merupakan tiga dari sekian banyak gili yang ada di Pulau Lombok.

Tak hanya di Lombok, keberadaan pulau kecil nan eksotis juga terdapat di Pulau Sumbawa yang sayang untuk dilewatkan, seperti yang ada di Pulau Kenawa. Letak Pulau Kenawa bisa dilihat saat menyeberang dari Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat.

Pulau kecil tersebut berada tidak jauh dari Pelabuhan Poto Tano. Pulau Kenawa bisa menjadi alternatif tujuan wisata baru di NTB. Inilah objek wisata yang digadang-gadang menjadi ikon pariwisata Sumbawa.

Dalam mempromosikan keindahan Pulau Kenawa, Pemerintah Provinsi NTB bersama Pemkab Sumbawa Barat, ASDP, dan Astindo NTB membuka paket wisata Wild West Sumbawa Cruise pada Sabtu (23/6).

Sekretaris Daerah NTB Rosiady Sayuti menyambut positif kehadiran paket Wild West Sumbawa Cruise. Menurut dia, program ini merupakan sebuah inovasi dalam membuka akses wisata ke daerah yang selama ini sulit dijangkau pelancong.

Rosiady menilai, paket wisata ini menawarkan pengalaman berbeda bagi para pelancong, khususnya bagi para wisatawan mancanegara. Untuk mendukung program Wild West Sumbawa Cruise, Pemprov NTB dan KSB harus membuat program nyata, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menarik pengunjung dengan menggratiskan turis datang ke lokasi tersebut.

Rosiady menilai langkah itu merupakan promosi yang efektif dibandingkan promosi dengan biaya besar. ”Minimal memperkenalkan agar lebih banyak orang yang tahu dan datang ke sini," ujarnya di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, NTB, Sabtu (23/6).

photo
Sepasang wisatawan memperhatikan siluet Gunung Rinjani saat Sunrise (matahari terbit) di pinggiran pantai Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Jumat (24/2).


Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat Musyafirin mengatakan, Pemkab Sumbawa Barat akan melakukan sejumlah pembenahan terkait sarana dan prasarana di Pulau Kenawa.

"Wild West Sumbawa Cruise akan menjadi awal kebangkitan wisata Sumbawa," kata Musyafirin.

Ratusan wisatawan diberangkatkan dari Kota Mataram menggunakan bus ke Pelabuhan Kayangan dan menuju Pulau Kenawa menggunakan Lombok Cruise. Kapal yang digunakan adalah kapal ferry yang sudah disulap menjadi kapal wisata sehingga lebih nyaman untuk wisatawan.

Dengan kapal tersebut, wisatawan kemudian diajak keliling menikmati delapan gili yang ada di kawasan tersebut. Gili Balu, Pulau Paserang, Pulau Kenawa, Pulau Namo, Pulau Kalong, Pulau Batu Besar dan Pulau Batu Kecil, Pulau Kambing, Pulau Pasir, dan Pulau Ular bisa dinikmati dari atas kapal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement