Rabu 20 Jun 2018 06:25 WIB

Hati-hati, Handuk Dapur Sebabkan Keracunan Makanan

Bakteri Coliform (Escherichia coli) ditemukan lebih tinggi dalam handuk lembab.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Handuk dapur atau lap dapur.
Foto: Pixabay/Congerdesign
Handuk dapur atau lap dapur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Handuk dapur sederhana yang digunakan untuk berbagai fungsi ternyata bisa menyebabkan keracunan makanan. Temuan menunjukkan bahwa handuk yang digunakan untuk menyeka peralatan, melap tangan, memegang peralatan panas, menyeka atau membersihkan permukaan, memiliki jumlah bakteri yang lebih tinggi.

Peneliti mengatakan bakteri Coliform (Escherichia coli) ditemukan lebih tinggi dalam handuk lembab, handuk serbaguna dan handuk dari keluarga yang memiliki diet non-vegetarian. Kehadiran patogen potensial dari handuk dapur menunjukkan bahwa mereka dapat bertanggung jawab atas kontaminasi silang di dapur dan dapat menyebabkan keracunan makanan.

"Studi kami menunjukkan bahwa komposisi keluarga dan praktik higienis di dapur mempengaruhi beban mikroba dari handuk dapur, ungkap penulis utama Susheela D. Biranjia-Hurdoyal, yang merupakan dosen senior, di Universitas Mauritius seperti dilansir dari laman Indian Express.

Baca juga: Bakteri pada Plasenta Jadi Penyebab Kelahiran Prematur

Mereka juga menemukan bahwa diet, jenis penggunaan dan handuk dapur lembab bisa menjadi sangat penting dalam mempromosikan pertumbuhan patogen potensial yang bertanggung jawab atas keracunan makanan. Selanjutnya, S. aureus diisolasi pada tingkat yang lebih tinggi dari keluarga dengan status sosial ekonomi rendah dan mereka yang memiliki anak. Coliform dan S. aureus terdeteksi pada prevalensi yang secara signifikan lebih tinggi dari keluarga dengan diet non-vegetarian.

Escherichia coli adalah flora normal usus manusia dan dilepaskan dalam jumlah besar dalam kotoran manusia. Kehadiran Escherichia coli menunjukkan kemungkinan kontaminasi tinja dan kurangnya praktik kebersihan. Data menunjukkan bahwa praktik tidak higienis saat menangani makanan non-vegetarian bisa umum di dapur, kata Biranjia-Hurdoyal.

Untuk penelitian, yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society for Microbiology di Georgia, tim mengumpulkan total 100 handuk dapur setelah satu bulan digunakan. Dari 49 persen ini memiliki pertumbuhan bakteri yang meningkat jumlahnya dengan keluarga besar, kehadiran pada anak-anak dan peningkatan ukuran keluarga. Dari 49 sampel ini positif untuk pertumbuhan bakteri, 36,7 persen tumbuh coliform, 36,7 persen Enterococcus spp dan 14,3 persen S. aureus.

Handuk lembab dan penggunaan multiguna dari handuk dapur harus dihalangi. Keluarga yang lebih besar dengan anak-anak dan anggota lanjut usia harus sangat waspada terhadap kebersihan di dapur, saran Biranjia-Hurdoyal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement