Selasa 19 Jun 2018 22:07 WIB

Taman Wisata Papandayan Ramai Selama Libur Lebaran

Pengelola TWA Gunung Papandayan menyebut peningkatan pengunjung hingga 40 persen.

Gunung Papandayan
Foto: wordpress.com
Gunung Papandayan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ramai pengunjung selama beberapa hari libur dan cuti bersama Lebaran 2018. Pengelola menyebut peningkatan pengunjung selama rentang itu bahkan mencapai 40 persen.

"Papandayan semakin diminati masyarakat, bahkan selama libur Lebaran sudah ada 2.500 sampai 3.000 pengunjung. Ada peningkatan 40 persen dibandingkan tahun lalu," kata Direktur PT Alam Indah Lestari (AIL), Tri Persada, selaku pengelola TWA Gunung Papandayan, di Garut, Selasa (19/6).

Ia menuturkan, pengelola akan terus melakukan inovasi untuk semakin menarik minat wisatawan, selain terus mengembangkan potensi. Lokasi primadona masih area perkemahan, kemudian wisata kawah, hutan mati, rumah penginapan dengan konsep ramah lingkungan dan permandian air hangat alami.

"Taman edelweis juga sekarang semakin diminati wisatawan, bahkan ada nenek-nenek yang mengaku baru pada usia 83 tahun melihat edelweis," katanya.

Ia mengatakan, tingginya antusias masyarakat untuk berwisata ke Gunung Papandayan karena tempatnya semakin nyaman dan aman serta aksesnya mudah dari kawasan perkotaan Garut.

Selain itu, lanjut dia, promosi yang terus-terusan ke seluruh daerah di Indonesia telah berdampak positif meningkatkan kunjungan wisatawan ke Gunung Papandayan. "Yang berwisata ke sini dari berbagai daerah, selain dari Jakarta, Bandung, ada yang datang dari Kalimantan dan Bali," katanya.

Seorang wisatawan asal Sukabumi, Rani Ramayani mengatakan, sudah dua kali berkunjung ke Gunung Papandayan. Pada kunjungan kedua kali, ia menyaksikan perbedaan, yaitu tempatnya lebih nyaman dan bagus.

Menurut dia, Gunung Papandayan menarik untuk dikunjungi karena selain ada kawah bekas letusan, juga ada taman edelweis, dan kolam renang air hangat alami. "Sekarang sudah bagus, ada kolam renang, taman edelweis dan kawah," kata Rani yang datang bersama keluarganya itu.

Pengunjung lainnya, Asep mengatakan sama. TWA Gunung Papandayan, katanya, memiliki daya tarik tersendiri yang tidak ada di tempat wisata lainnya.

Ia yang datang bersama keluarga sebelumnya tidak berencana n menginap, tetapi karena ada fasilitas cottage akhirnya mondok. "Ini pertama kali saya datang ke sini, panoramanya bagus jadi menginap," kata Asep, wisatawan asal Jakarta.

Destinasi wisata Gunung Papandayan merupakan kawasan alam bekas letusan gunung yang mudah ditempuh dengan kendaraan roda dua dan bus dengan waktu tempuh satu jam dari Kota Garut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement