Sabtu 16 Jun 2018 12:00 WIB

Agar Terbiasa Berpuasa di Luar Ramadhan

Anda disarankan mengajak teman atau keluarga untuk berpuasa di luar Ramadhan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Anak Berpuasa
Foto: Republika/Yasin Habibi
Anak Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda diberikan perisai untuk melindungi diri dari dosa kehidupan dan api neraka, Anda pasti akan mempertahankannya dan tak ingin melepaskannya. Perisai itu adalah berpuasa.

Janganlah mengabaikan kekuatan puasa karena itu adalah karunia besar yang diberikan Allah kepada hamba-Nya.

Rasulullah SAW bersabda, "Puasa adalah perisai. Jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak. Jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, maka ucapkanlah, Aku sedang berpuasa. (HR Bukhari dan Muslim)

Puasa mencegah Anda dari gunjingan, fitnah, berkata-kata kasar, atau terlibat dalam kegiatan-kegiatan dosa. Berikut lima tips yang bisa Anda lakukan supaya disiplin berpuasa, apakah itu puasa Ramadhan, puasa sunnah Senin dan Kamis, atau puasa Syawal, dilansir dari Productive Muslim, Jumat (15/6).

1.Niat

Niatkan dari sekarang bahwa Anda sungguh-sungguh ingin berpuasa karena Allah dan mencari pahala-Nya. Sampai terbiasa dengan hal ini, siapkan reminder atau pengingat mingguan atau bulanan di ponsel Anda. Anda bisa juga menempel catatan untuk mengingatkan diri bahwa Anda berniat berpuasa.

 

2. Mengajak teman berpuasa

Anda bisa mendapatkan pahala lebih ketika bisa mengajak orang lain berpuasa sunnah bersama. Ini juga bisa membuat Anda merasa ada teman untuk beribadah bersama.

Anda bisa mengajak teman dekat, kekasih, suami, untuk berlomba dalam perbuatan baik yang disukai Allah, seperti puasa. Mungkin Anda lelah saat berpuasa Senin, namun semangat kembali begitu tahu ada teman Anda yang juga sedang berpuasa.

 

3. Libatkan anggota keluarga

Jika Anda tinggal di lingkungan nonMuslim, Anda bisa mengajak anggota keluarga lain untuk berpuasa bersama. Ajarkan mereka kebajikan berpuasa dan Anda bisa sukarela membuatkan sahur dan menu buka puasa. Insya Allah dengan mendorong keluarga Anda melakukan perbuatan baik, lebih banyak berkah dan kasih sayang Allah untuk rumah tangga Anda.

 

4. Buat puasa menyenangkan

Jadikan rutinitas puasa menarik. Anda bisa menambahkan sedikit kesenangan pada kegiatan ini, seperti membuat kuis dan hadiah untuk mendorong anak-anak terbiasa berpuasa sunnah di luar Ramadhan. Anda juga bisa memberi setiap anggota keluarga membahas topo-topik sederhana tentang Islam, 30 menit hingga satu jam sebelum berbuka.

Topik sederhana tersebut perlu diingat masih dalam kapasiras Anda. Kuncinya di sini adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri ketimbang mengeluh Anda tak punya waktu untuk belajar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement