Senin 04 Jun 2018 10:18 WIB

Cara Tepat Memilih Tabir Surya

Tinggal di daerah tropis, kulit sangat membutuhkan tabir surya.

Rep: Noer Q Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Tabir surya
Foto: pixabay
Tabir surya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain kamera dan baju yang nyaman, hal lain yang tak boleh terlupakan saat liburan adalah tabir surya. Tabir surya banyak sekali jenisnya, mulai dari bentuk krim hingga spray.

Di kemasannya juga tertera berbagai angka faktor perlindungan matahari (SPF). Bila masih merasa kebingungan, berikut cara memilih tabir surya dengan benar, dikutip dari Malay Mail, Senin (4/6).

Pilih SPF yang tepat

Hal ini merupakan langkah awal paling penting. SPF dinyatakan dengan angka dalam kemasan, misalnya SPF 30, SPF 50 dan lain-lain. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi perlindungannya. Untuk membuat pilihan tepat, pertimbangkan kondisi eksposur (waktu, ketinggian, garis lintang, musim) serta jenis kulit.

Baca juga: Kecanduan Ponsel Pengaruhi Kesehatan Kulit

Pilih tekstur tabir surya

Pilih tekstur tabir surya yang dianggap menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan. Tabir surya bertekstur oil dan krim adalah pilihan yang baik jika ingin mencari efek halus pada kulit.

Krim dengan pelembab lebih cocok untuk kulit kering. Sedangkan jenis mist dan spray sangat mudah dan cepat untuk diaplikasikan.

Riasan wajah dan tabir surya

Bedak dan bronzer mungkin memiliki SPF yang bagus untuk dipakai sehari-hari. Tetapi perlu diingat, bedak dan bronzer ber-SPF tidak cocok digunakan saat liburan di pantai atau pegunungan.

Riasan wajah harus dipakai di atas tabir surya tertentu. Tabir surya jenis gel dan stik merupakan tekstur yang mudah dipakai di bawah riasan sehari-hari

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement