Kamis 31 May 2018 21:32 WIB

NTB Bersiap Sambut Sail Moyo Tambora 2018

Dispar NTB menyiapkan 17 rangkaian kegiatan untuk semarakan Sail Moyo Tambora 2018.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Buku panduan wisata  Lombok Sumbawa dalam launching Khazanah Ramadhan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (11/5).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Buku panduan wisata Lombok Sumbawa dalam launching Khazanah Ramadhan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (11/5).

REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAWA BESAR -- Perjalanan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menjadi tuan rumah Sail Indonesia dimulai sejak 2015. Dengan ditetapkannya NTB sebagai tuan rumah Sail Indonesia dengan branding Sail Moyo Tambora 2018, Dinas Pariwisata (Dispar) NTB melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumbawa, terkait persiapan kegiatan Sail Moyo Tambora 2018 tersebut.

Rakor ini berlangsung di Kantor Bupati Kabupaten Sumbawa pada Kamis (31/5), yang dihadiri Bupati Sumbawa, M Husni Djibril, Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa, H. Mahmud Abdullah, Kepala Dinas Pemuda, Olah raga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa, Junaidi, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Sumbawa, serta Camat se-Kabupaten Sumbawa.

"Alhamdulilah, Sail Indonesia yang di branding Sail Saleh Moyo Tambora (Samota) 2018 ini Kabupaten Sumbawa menjadi tuan rumahnya," ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal saat pemaparkan Sail Moyo Tambora 2018, di Kantor Bupati Sumbawa, Sumbawa Besar, Kamis (31/5).

Dijelaskan Faozal, Dispar NTB telah menyiapkan 17 rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan even Sail Moyo Tambora di Kabupaten Sumbawa, di antaranya Maritim Expo, Culture Performance Moyo Tambora, Festival Budaya, International Tenun Festival, Barapan Kebo, International Surfing, Dialog Budaya Maritim, Parade 1000 Perahu Tradisional, Moyo Tambora Fun Run, Investment Forum, serta Bersih Pantai.

"Sail Moyo Tambora 2018 ini akan berlangsung pada 9 September hingga 22 September 2018 mendatang, dan mempunyai tujuan untuk mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Sumbawa pada khususnya," lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sumbawa, M Husni Djibril memberi apresiasi terhadap pelaksanaan Sail Moyo Tambora 2018 di Kabupaten Sumbawa. Menurutnya, event Sail Moyo Tambora 2018 ini bisa mengangkat dan memperkenalkan potensi wisata yang ada di Sumbawa.

Dalam arahannya, M Husni Djibril mengimbau kepada seluruh jajaran SKPD Kabupaten Sumbawa untuk memeriahkan dan mensukseskan kegiayan Sail Moyo Tambora 2018, mulai dari awal kegiatan, hingga puncaknya nanti yang akan berlangsung di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, pada 10 September mendatang.

"Tadi sudah dijelaskan sama pak Kadispar NTB bahwa Kabupaten Sumbawa dipercaya sebagai tuan rumah Sail Moyo Tambora 2018 dan sudah menjadi tugas kita bersama untuk mensukseskan kegiatan tersebut," ujar Husni.

Husni menekankan kebersihan lingkungan di Kabupaten Sumbawa harus tetap dijaga, pasalnya pada 2017 Kabupaten Sumbawa juga hampir dipastikan menjadi tuan rumah Sail Indonesia namun gagal dikarenakan kebersihan lingkungan.

"Saya tidak mau gagal lagi dalam kegiatan Sail Moyo Tambora ini. Kebersihan lingkungan harus kita jaga, mengingat kegiatan ini sudah masuk dalam 100 wonderfull Indonesia di Kementerian Pariwisata," kata Husni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement