Selasa 29 May 2018 17:12 WIB

Sedapnya Oseng Daging, Tempe dan Telur Asin

Tambahan lombok ijo menjadi pengikat rasa oseng daging.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Indira Rezkisari
Oseng daging, lombok ijo, tempe, dan telur asin ala Chef Juna di demo masak Plaza Hotel Yogyakarta.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Oseng daging, lombok ijo, tempe, dan telur asin ala Chef Juna di demo masak Plaza Hotel Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tidak sedikit orang bosan memakan daging lantaran jenis olahannya yang itu-itu saja. Chef Juna membagi resepnya, kreasi daging yang berbeda karena ditambahkan tempe dan telur asin.

Tempe dan telur asin, bisa dibilang salah dua bahan yang sangat jarang ditemui menjadi pendamping olahan daging. Namun, oseng-oseng daging dengan menambahkan tempe dan telur asin ternyata memberikan cita rasa berbeda.Terlebih, ada lombok ijo yang tidak memberikan rasa pedas terlalu kuat, tapi mampu menyatu dengan cita rasa khas dari tempe dan telur asin.

Untuk membuatnya, diperlukan 300 gram daging sapi bagian dalam, yang dapat dipotong lebar tipis. Lalu, 150 gram tempe, yang dapat dipotong kotak-kotak demi memberikan tampilan yang berbeda.

Ada pula satu liter minyak goreng, empat siung bawang putih, delapan siung bawang merah, dua lembar daun salam, dua centimeter lengkuas, delapan cabai hijau, empat cabai merah, tiga tomat hijau, dua batang daun bawang, dan empat belimbing wuluh. Bumbunya, terdiri dari satu sendok makan gula pasir, 3/4 sendok teh garam, 100 cc air, enam kuning telur ayam, dan merica bubuk.

Cara membuatnya, pertama taburi daging dengan garam dan merica bubuk. Panaskan minyak, goreng tempe sampai matang dan kering, tiriskan. Panaskan lagi minyak, tumis bawang putih, bawang merah sampai harum. Kemudian, tambahkan daun salam dan lengkuas, masukkan daging dan masak sampai setengah matang.

Masukkan cabai hijau dan merah, tomat hijau, daun bawang dan belimbing wuluh, lalu tambahkan air. Tambahkan lagi gula dan garam, masak sejenak, baru masukkan tempe yang telah digoreng dan ditiriskan tadi.

Bumbui dengan garam dan lada, masak sampai matang dan tampak sedikit kental. Barulah masukkan telur asin, aduk sejenak. Setelah itu, tinggal diangkat dan disajikan ke piring, serta tambahkan bawang goreng untuk menyedapkan rasa.

Mungkin Anda bisa menjadikan kreasi daging ini sebagai hidangan berbuka. Atau penambah selera saat sahur karena pedas dari cabai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement