Ahad 27 May 2018 19:02 WIB

Ingin Tetap Ngopi Selama Ramadhan? Ini Tipsnya

Hindari berbuka puasa dengan minuman kopi.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari
Menikmati kopi di kafe.
Foto: EPA
Menikmati kopi di kafe.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum kopi di pagi hari menjadi kebiasaan yang tak bisa dilewatkan sebagian besar orang. Namun, saat Ramadhan tiba, minum kopi di pagi hari tentu tak bisa dilakukan, khususnya oleh umat Islam.

Namun, ada beberapa tips bagi Anda, agar tetap bisa menikmati kopi di bulan Ramadhan, dikutip dari situs resmi Nestle, Ahad (27/5). Pertama, dua pekan sebelum Ramadhan, kalau biasanya Anda minum kopi tiga cangkir sehari, mulai mengurangi dengan minum setengah cangkir kopi tanpa kafein, dan setengahnya lagi dengan kopi berkafein selama dua tiga hari pertama.

Pada akhir pekan pertama, perlahan-lahan tingkatkan menjadi satu cangkir tanpa kafein dan dua cangkir berkafein. Setelah itu, satu pekan sebelum Ramadhan, secara bertahap cobalah untuk meminum dua cangkir tanpa kafein dengan mengikuti metode sebelumnya (setengah tanpa kafein, setengah berkafein sampai semuanya tanpa kafein). Pastikan untuk minum kopi berkafein dua jam setelah shalat Magrib agar mempersiapkan diri untuk rutinitas Ramadhan.

Baca juga: Es Susu Kurma, Manis Bergizi Penuhi Nutrisi Ramadhan

Kedua, saat memasuki bulan Ramadhan, hindari berbuka puasa dengan minum kopi. Karena kafein akan merangsang pelepasan asam lambung pada perut kosong. Sehingga bisa menyakiti mukosa lambung Anda.

Makanlah makanan yang ideal untuk berbuka puasa. Karena makanan yang baik akan menyediakan kebutuhan gula bagi tubuh, terutama otak Anda. Anda dapat meminum secangkir kopi dua jam setelah menyelesaikan berbuka puasa Anda.

Dengan cara ini, Anda akan membiarkan banyak waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan tingkat glukosa darahnya dengan iftar seimbang. Secangkir kopi juga akan berguna untuk menghilangkan kantuk setelah makan saat berbuka puasa.

Untuk malam hari, jika Anda menikmati kopi saat larut malam, cobalah secangkir tanpa kafein sebelum tidur. Anda juga dapat memilih teh herbal seperti thyme atau chamomile yang sehat dan menenangkan.

Saat sahur, Anda dapat menikmati secangkir kopi bersama dengan makanan yang seimbang. Ini akan membantu Anda tetap waspada sepanjang hari. Ingat, bahwa asupan makanan yang seimbang dan sehat serta pengisian cairan yang kuat adalah kunci untuk menyediakan energi yang diperlukan untuk tubuh Anda. Dan kopi adalah dorongan yang Anda butuhkan, untuk meningkatkan rasa waspada dan konsentrasi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement