Ahad 27 May 2018 15:41 WIB

Kiat Memilih Hunian Vertikal Unggulan

Tersedianya ruang hijau terbuka di sejumlah lokasi membuat apartemen nyaman.

Rep: Hiru Muhammad/ Red: Satya Festyiani
Pengunjung melihat produk properti yang ditawarkan dalam ajang Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (3/2). Pameran yang digelar oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tersebut berlangsung mulai 3-11 Februari 2018 dan gratis untuk umum.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pengunjung melihat produk properti yang ditawarkan dalam ajang Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (3/2). Pameran yang digelar oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk tersebut berlangsung mulai 3-11 Februari 2018 dan gratis untuk umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjamurnya apartemen di kawasan Jabodetabek saat ini diyakini tidak membuat pasar hunian vertikal tersebut mengalami kejenuhan. Konsumen tetap mencari apartemen sebagai tempat tinggal bagi mereka yang bekerja di tenah kota padat seperti Jakarta. 

Menjamurnya apartemen ini justru menjadikan konsumen memiliki banyak pilihan menarik yang sesuai kebutuhan mereka. Semua apartemen sama, hanya yang punya kelebihan saja yang tidak memiliki masalah dengan penjualan. "Produk unggulan selalu sold out," kata Lily Tjahnadi, konsultan properti.

Menurutnya, pengembang harus piawai dalam memahami kebutuhan pasar yang di bidiknya saat ini. Kepiawaian itu terlihat dari beberapa hal. Seperti asetnya harus memiliki nilai investasi yang tinggi, dan hal itu terlihat dari pemilihan lokasi yang terus berkembang. Sarana infrastruktur seperti jalan dan  transportasi publik yang mudah dijangkau sehingga akses ke pusat kota bisa dilakukan dengan cepat, serta fasilitas kebutuhan pokok bagi penghuni apartemen yang lengkap.

Menurut Lily sejumlah apartemen modern, kini layanan sekelas hotel bintang lima bagi penghuninya sudah mulai diterapkan. Sehingga mereka tidak perlu selalu pergi jauh untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Layanan tersebut seperti house keeping, antar jemput bus dari dan ke lokasi keramaian, fasilitas olah raga dan rekreasi bagi penghuni yang beragam usia, waterpark, hingga ruang spa. 

Menurut Franciscus Lugito, CEO PT Aldebaran Group pengembang apartemen Roseville,  pengembang apartemen harus memiliki komitmen kuat dalam menjamin layanan kepada penghuninya. Selain fasilitas, pemilihan perusahaan pengelola apartemen yang tepat juga menentukan keberhasilan dalam menjaring kepercayaan konsumen. Lingkungan pergaulan diantaran sesama penghuni yang harmonis, juga akan mempengaruhi suasana tinggal di apartemen.  "Dengan kondisi tersebut tinggal di apartemen menjadi pilihan menarik,"  katanya disela acara penyerahan unit Roseville SOHO and Suite kepada penghuni, Sabtu (26/5). 

Strategi penjualan yang tepat harus diperhatikan. Layanan penjualan secara konvensional seperti promosi di pameran atau pusat perbelanjaan, juga dilakukan melalui sosial media dan pendekatan secara pribadi. "Kami harus mengenal konsumen dengan baik," kata Frans. 

Fasilitas  apartemen yang berada di kawasan BSD Serpong tersebut melebihi fasilitas yang terdapat di apartemen  lain pada umumnya. Seperti kolam renang, sarana olah raga, ruang publik terbuka dan lainnya. Bahkan pihaknya telah menyiapkan 15 sky garden dan lounge bagi 900 lebih penghuninya. Dengan tersedianya ruang hijau terbuka di sejumlah lokasi akan membuat apartemen ini nyaman dihuni. "Sebagian besar pembelinya adalah end user," kata Frans.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement