Kamis 24 May 2018 11:18 WIB

6 Makanan Alami dengan Kalsium Melebihi Susu

Jangan hanya terpaku pada susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

Ikan salmon kaya akan kandungan kalsium.
Foto: AP
Ikan salmon kaya akan kandungan kalsium.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memenuhi asupan kalsium tidak hanya penting ketika masih berusia dini. Kalsium bekerja sebagai pembantu fungsi tulang, bekerja untuk meregulasi detak jantung dan sinyal syaraf, berguna mencegah penggumpalan darah, hingga osteoporosis.

Semua manfaat kalsium itu sangat penting bagi dewasa. Segelas susu sapi mengandung 305 miligram kalsium. Manusia dewasa membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari.

Agar kebutuhan kalsium tubuh terpenuhi ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi. Asupan kalsium tidak hanya dimiliki segelas susu sapi.

Biji chia

Biji kecil-kecil ini kaya kalsium. Sebanyak 100 gram biji chia mengandung 631 miligarm kasium. Artinya tiga sendok makan chia melebihi kandungan kalsium segelas susu.

Ikan sarden

Melahap seporsi sarden akan memberi asupan kalsium hingga 370 miligram. Sarden juga sumber omega-3 dan vitamin D yang baik.

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber kalsium, terutama yang warnanya hijau gelap seperti bokchoy, kale, bayam, dan turnip hijau, Dua cawan sayuran kale mengandung 188 miligram kalsium.

Tahu

Secangkir tahu bisa mengandung 861 miligram kalsium. Pastikan menambahkan tahu ke tumisan bersama sayur untuk makan siang atau malam.

Keju ricotta

Tiga per empat cawan keju ricotta mengandung 380 miligram kalsium. Untuk kudapan sehat, tambahkan buah ke keju ricotta demi asupan serat dan kalsium yang mencukupi.

Salmon

Ikan salmon segar maunpun kalengan merupakan sumber kalsium lebih dari yang dibayangkan. Sekitar 170 gram salmon segar mengandung 340 miligram kalsium.

Jika menginginkan asupan kalsium lebih coba salmon kalengan. Umumnya salmon kalengan seberat 140 gram mengandung kalsium hingga 350 miligram, dilansir dari laman Reader's Digest.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement