Senin 21 May 2018 00:39 WIB

Cara Mudah dan Aman Beli Tiket KA untuk Mudik

Jelang arus mudik Lebaran biasanya orang berlomba-lomba untuk memesan tiket KA.

Tiket Kereta Api
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Tiket Kereta Api

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA —  Tiket kereta api (KA) bisa didapatkan penumpangnya secara offline maupun online. Kemajuan teknologi masa kini membuat manusia melakukan apa saja dengan praktis dan mudah salah satunya untuk mendapatkan tiket. 

KA menjadi transportasi unggulan pada saat hari biasa maupun pada saat hari liburan. Terlebih pada saat liburan, penumpang KA mengalami peningkatan yang sangat tinggi sehingga semua orang sudah mulai cemas untuk mempersiapkan strategi memesan tiket. 

Keunggulan dari KA yang membuat orang enggan menggunakan transportasi lain yaitu KA menawarkan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan. Penumpang akan terbebas dari macet dan juga polusi dari asap kendaraan.

Jelang arus mudik Lebaran biasanya orang berlomba-lomba untuk memesan tiket KA. Beruntung PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menyediakan layanan pemesanan tiket KA melalui online. Namun, calon penumpang masih bisa melakukan pemesanan secara offline.

Baca juga: http://www.republika.co.id/berita/ramadhan/info-mudik/18/05/20/p917f1299-menhub-persiapan-mudik-sudah-cukup-baik 

Pemesanan tiket KA secara online melalui situs resmi KAI, calon penumpang bisa memesan tiket sesuai dengan tanggal, jam, jumlah penumpang, stasiun keberangkatan, dan juga tempat yang ingin dituju. Termasuk juga memfilter kelas KA dengan kisaran harga dari yang termurah hingga tertinggi. 

Cara memesan tiket kereta api online sangatlah mudah. Pastikan pada saat Anda memesan tiket sudah menentukan tanggal perjalanan. Dengan begitu, besar kemungkinan calon penumpang masih bisa melakukan booking tiket beberapa pekan sebelum tanggal keberangkatan.

Klik situs resmi KAI untuk melakukan pemesanan online. Situs KAI akan menampilkan beberapa KA yang masih bisa dipesan dengan jam keberangkatan beserta harganya. Lalu, klik pemesanan untuk sudah pasti memesan.

Kemudian calon penumpang akan diberikan informasi total harga yang harus dibayarkan. Untuk pembayaran, masih ada beberapa tahap yan harus calon penumpang isi mengenai identitas pemesanan.

Isi identitas penumpang sesuai dengan SIM, KTP, maupun paspor. Calon penumpang juga diharuskan mengisi alamat email dan juga nomor telepon untuk mendapatkan balasan selanjutnya.

Lalu, calon penumpang akan diberikan pilihan untuk tipe pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer ATM bank yang bekerja sama dengan KAI, kartu kredit, dan beberapa minimarket yang bekerja sama dengan KAI.

Setelah menentukan tipe pembayaran yang ingin dilakukan, calon penumpang akan mendapatkan batas waktu pembayaran beserta kode pemesanan. Kode pemesanan tersebut digunakan pada saat calon penumpang melakukan transaksi pembayaran.

Jika pembayaran sudah dilakukan, KAI akan mengonfirmasi tiket Anda melalui email dan juga nomor telepon yang sudah diisi sebelumnya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement