Sabtu 12 May 2018 12:16 WIB

Statistik Buktikan Pesawat Terbang Moda Transportasi Teraman

Kecelakaan pesawat terbang selalu menjadi berita bombastis karena jarang terjadi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Perjalanan dinas dengan pesawat terbang.
Foto: Dailymail
Perjalanan dinas dengan pesawat terbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanya sedikit orang yang takut bepergian dengan mobil, sementara sangat banyak yang takut naik pesawat terbang. Padahal, menurut statistik, pesawat terbang adalah moda transportasi paling aman.

Selama ini, insiden kecelakaan pesawat terbang selalu menjadi berita bombastis karena relatif jarang terjadi. Berbeda dengan kecelakaan mobil yang jumlahnya jauh lebih banyak di seluruh dunia.

Asosiasi Keselamatan Perjalanan Darat Internasional mengestimasi, 3.287 orang tewas akibat kecelakaan mobil setiap hari. Sekitar 1,3 juta korban tewas dalam setahun, belum termasuk 20 sampai 50 juta yang terluka parah.

Studi lain yang dilakukan Universitas Northwestern pada 2001 membandingkan antara kecelakaan mobil dan pesawat. Untuk setiap 1 miliar mil perjalanan dengan mobil, ada 7,2 orang meninggal, sementara pesawat hanya 0,07 orang.

Namun, pesawat pribadi tidak seaman pesawat komersial. Dari 646 kematian akibat perjalanan pesawat di AS yang tercatat antara 2000 sampai 2009, sebanyak 549 korban adalah penumpang pesawat pribadi dan awak kabin pesawat.

Pesawat pribadi memiliki fitur keamanan yang lebih sedikit daripada penerbangan komersial, juga persyaratan pilot yang jauh lebih sedikit. Meski begitu, jumlah kecelakaan pesawat pribadi jauh lebih sedikit daripada transportasi lainnya.

Tetap saja, jangan paksakan apabila Anda tidak tahan dengan turbulensi pesawat. Menurut statistik transit, peluang teraman berikutnya adalah naik bus, kereta api, feri, dan terakhir adalah mobil, dikutip dari laman Mental Floss.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement