Rabu 09 May 2018 19:32 WIB

Ini Cerita Fauzi Baadilla dari Perbatasan Suriah

Mereka anggap orang Indonesia saudara Muslim yang peduli.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Friska Yolanda
Aktor Fauzi Baadilla yang didaulat menjadi Duta ACT menceritakan pengalamannya berkunjung ke lokasi pengungsian warga Suriah di perbatasan Turki.
Foto: Sapto Andika Candra/Republika
Aktor Fauzi Baadilla yang didaulat menjadi Duta ACT menceritakan pengalamannya berkunjung ke lokasi pengungsian warga Suriah di perbatasan Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Aktor Indonesia yang didapuk sebagai Duta Aksi Cepat Tanggap (ACT), Fauzi Baadilla, menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke titik-titik pengungsian warga Suriah di perbatasan dengan Turki. Menurutnya, Indonesia sudah memiliki nama yang harum di kalangan para pengungsi. Hal ini karena gelombang bantuan yang sudah didatangkan lembaga-lembaga kemanusiaan dari Indonesia, termasuk ACT.

"Orang Indonesia di sana dikenal. Mereka kalau ketemu orang Indonesia antusias. Mereka anggap orang Indonesia saudara Muslim yang peduli," jelas Fauzi mengisahkan pengalamannya di Padang, Rabu (9/5).

Fauzi menceritakan, saat ia membeli perlengkapan sehari-hari di sebuah toko di perbatasan misalnya, sang penjual menanyakan asal negara Fauzi. Setelah dijawab bahwa dirinya berasal dari Indonesia, senyum lebar tersungging di wajah sang penjual seraya berkata, "Oh saudara." 

Tenarnya nama Indonesia di mata warga perbatasan bahkan membuat Fauzi mendapat bonus coklat dari sang penjual. "Mereka biasanya kasih bonus kayak coklat atau apa, karena mereka melihat orang Indonesia ini sangat peduli," katanya.

Jiwa pejuang rakyat Suriah juga bisa dilihat Fauzi. Ia menilai para pengungsi meski hidup serba terbatas, tapi mereka tidak terkesan meminta belas-asih para donatur.

"Saat kami serahkan bantuan saja, mereka tetap berupaya menjamu, bikinin teh meski tidak ada gula. Bagi saya itu cukup bikin terenyuh, bahwa mereka orang baik," katanya.

Melalui lawatannya ke perbatasan Suriah-Turki, Fauzi berharap masyarakat Indonesia memiliki gambaran betapa sengsara kehidupan para pengungsi. Ia ingin, semakin banyak rakyat Indonesia yang tergerak untuk ikut meringankan beban para pengungsi. Yang terpenting bagi Fauzi, rakyat Indonesia tak boleh diam melihat saudaranya hidup serba kekurangan. Meski kecil, namun bantuan apapun dari warga Indonesia dirasakan manfaatnya oleh rakyat Suriah yang terpaksa menjauhi wilayah konflik.

"Ambil peran walau ringan, jangan hanya diam," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement