Selasa 08 May 2018 14:27 WIB

Kelapa Jadi Rahasia Sehat Jenahara Nasution

Dehidrasi selama puasa diakali Jenahara dengan minuman kaya elektrolit.

Rep: MG ROL 103/ Red: Indira Rezkisari
Designer Muslimah Jenahara Nasution
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Designer Muslimah Jenahara Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalankan puasa merupakan kewajiban bagi umat Muslim.  Perancang busana Jenahara Nasution bahkan selalu lebih sibuk di setiap bulan Ramadhan.

 

Kesibukan yang meningkat saat berpuasa kerap menyebabkan tubuh Jenahara menjadi mudah dehidrasi hingga maag pun datang. “Pas momen ketemu temen pasti semuanya buyar, tahu-tahu maag dan jadi dehidrasi,” tuturnya.

 

Jenahara mengakalinya dengan meminum lebih banyak air saat sahur untuk menghindari dehidrasi di siang hari. ”Kalau dokter menyarankan minum dua gelas saat sahur, aku pasti lebih karena juga dulu pernah sempat ada permasalahan ginjal. Jadi aku benar-benar yang perbanyak minum.”

 

Berpuasa selama sebulan tentu bukanlah hal yang mudah. Pola hidup yang berubah menyebabkan tubuh sering merasa lemas dan tidak fit. Ibu dari tiga orang anak ini selalu mengonsumsi air kelapa hijau di saat berbuka. 

 

“Karena permasalahan ginjal itu aku selain banyak minum air aku juga minum air kelapa hijau saat berbuka. Dan itu aku merasa benar-benar fit selama puasa,” akunya.

 

Ternyata kebiasaan itu didukung oleh dokter spesialis gizi klinik, dr Jovita. I menyarankan konsumsi air kelapa hijau saat berbuka. “Kelapa hijau bagus untuk buka puasa karena dapat menggantikan cairan elektrolit yang hilang dan mudah diserap oleh tubuh.”

 

Bagi Jenahara bulan puasa menjadi waktu berkumpul yang lebih intens untuknya dan keluarga. Ia tidak ingin ada momen yang terlewatkan karena tidak fit atau sakit. 

 

Apalagi suami Jenahara yang berprofesi chef senang membuat hidangan istimewa untuk keluarga. “Ada momen-momen kumpul sekeluarga dan suami senang masak yang spesial," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement