Ahad 06 May 2018 13:47 WIB

Istana Buckingham Cari Koki, Gajinya di Bawah Ekspektasi

Gajinya lebih rendah dari rata-rata koki dengan pengalaman kerja serupa.

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Istana Buckingham
Foto: Reuters
Istana Buckingham

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Belum lama ini, Istana Buckingham membuka lowongan untuk Chef de Partie penuh waktu. Chef de Partie penuh waktu bertanggungjawab dalam mempersiapkan makanan untuk makan malam kenegaraan dan resepsi kerajaan.

Posisi yang penuh prestise ini mungkin menjadi dambaan banyak banyak orang. Siapa sangka, profesi ini ternyata tidak menawarkan gaji yang sesuai perkiraan banyak orang.

Chef de Partie penuh waktu untuk Istana Buckingham hanya mendapatkan gaji sekitar 2.000 euro atau sekitar Rp 33,4 juta, lebih rendah dari gaji rata-rata untuk koki dengan pengalaman kerja serupa di London. Gaji yang ditawarkan oleh Istana Buckingham adalah dimulai dari 20.604,52 euro atau sekitar Rp 343, 8 juta. Jumlah ini sudah termasuk akomodasi dan makanan. Namun jumlah gaji ini akan berkurang jika Chef de Partie menerima penawaran residental.

"Ini bukan penawaran posisi Demi Chef de Partie biasa," ungkap keterangan dalam lowongan pekerjaan tersebut, seperti dilansir Independent.

Selama bertugas, Chef de Partie akan diminta mempersiapkan menu klasik dan kontemporer untuk beragam acara. Karena itu, posisi ini dinilai akan memberi kesempatan untuk mengasah kemampuan yang lebih dalam bagi para koki sebagai batu loncatan untuk karir yang lebih tinggi nantinya.

Chef de Partie juga akan menjajal empat seksi di dapur Istana Buckingham. Tak hanya itu, Chef de Partie juga mungkin akan diminta untuk bertugas di beberapa tempat tinggal keluarga kerajaan lain.

Bekerja untuk kerajaan tentu memiliki standar yang tinggi. Selain itu, koki juga akan dihadapkan pada kesibukan setiap hari.

"Karenanya Anda perlu menjadi seorang koki yang ambisius dan berkualitas," terang pernyataan dalam lowongan pekerjaan tersebut.

Meski bukan syarat utama, memiliki pengalaman bekerja di dapur berkelas tinggi akan menjadi nilai tambah bagi koki yang akan melamar untuk posisi Chef de Partie ini. Koki yang akan melamar posisi ini juga dituntut untuk memiliki kemampuan bekerja dalam kelompok, kemampuan berkomunikasi dan kemampuan untuk memperhatikan hal detail dengan baik.

"Yang terpenting, Anda harus memiliki minat yang kuat terhadap makanan dan industri katering, dan mau belajar keterampilan baru," jelas pernyataan tersebut.

Selain membuka lowongan untuk koki, kerajaan Inggris juga membuka lowongan lain. Beberapa di antaranya adalah lowongan untuk petugas pembersih istana di Palace of Holyroodhouse, tukang kebun dan trainee butler di Istana Buckingham.

Ada pula lowongan untuk menjadi sekretaris pribadi untuk Putri Anne. Posisi ini bertanggung jawab untuk beberapa hal, termasuk mengatur sebuah tim kecil di tempat tinggal Yang Mulia hingga mendampingi Putri Anne dalam kunjungan ke luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement