Jumat 04 May 2018 09:43 WIB

Cara Lada Membantu Penurunan Berat Badan

Lada kaya vitamin, mineral, dan asam lemak yang baik untuk metabolisme.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Lada hitam.
Foto: Pixabay/Gokalpiscan
Lada hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda ingin menurunkan berat badan? Coba cara terbaru dari India yaitu menambahkan sejumput lada ke makanan dan minuman Anda.

Seperti dilansir dari laman Indian Express, kabarnya lada bisa membantu dalam mengurangi asam lemak, trigliserida, fosfolipid, dan kadar Kolesterol dalam plasma dan profil lipid. Lada juga membantu meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi pembentukan sel-sel lemak baru di tubuh, kata seorang ahli.

Masakan India menawarkan berbagai bumbu yang tidak hanya membangkitkan selera, tapi juga berdampak positif terhadap kesehatan. Lada hitam, yang dapat mengubah hidangan membosankan menjadi penuh selera karena pedasnya, dapat membantu menurunkan berat badan.

Lada hitam penuh dengan Vitamin A, C, dan K, mineral, asam lemak yang sehat dan bekerja sebagai penguat metabolik alami yang membuatnya menjadi gudang manfaat kesehatan yang tak terhitung, termasuk penurunan berat badan. Lada juga mengandung piperine. Menambahkan sedikit dalam makanan Anda membakar kalori setelah makan selama berjam-jam, mencegah pembentukan sel-sel lemak baru dan menekan penumpukan lemak.

Ahli Gizi Nmami Agarwal dan Ahli Gizi Mehar Rajput, menyarankan beberapa cara untuk menggunakan lada dan rempah-rempah demi meraih manfaat kesehatan.

Kunyah langsung

Mereka yang dapat mentolerir rasa panas lada hitam yang terbakar dapat mengonsumsi satu sampai dua merica langsung setiap pagi. Ini akan meningkatkan metabolisme.

Teh lada hitam

Tambahkan sedikit lada hitam yang baru digiling dengan teh.

Taburkan di atas salad buah dan sayuran

Gunakan lada hitam sebagai bumbu dan taburkan di atas salad favorit Anda. Ini tidak hanya menambahkan rasa ekstra ke piring Anda tetapi juga membantu menurunkan berat badan.

Tambahkan pada minuman sehari-hari Anda

Sedikit bubuk lada hitam ke buttermilk atau minuman lemon masala bisa menyegarkan di musim panas. Lada akan membantu menurunkan berat badan dan baik bagi kesehatan usus dan imunitas tubuh.

Minyak lada hitam

Tambahkan setetes 100 persen minyak lada hitam murni dalam segelas air putih dan konsumsi sebelum sarapan. Atau menggunakannya sebagai saus salad adalah pilihan lain.

Lada mencegah sel-sel lemak baru terbentuk

Lada membantu dalam mengurangi asam lemak, trigliserida, fosfolipid dan tingkat Kolesterol dalam plasma dan profil lipid. Ini juga membantu meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi pembentukan sel-sel lemak baru di dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement