Rabu 02 May 2018 19:31 WIB

Ranu Regulo yang tak Kalah Indah dengan Ranu Kumbolo

Di dekat Desa Ranu Pani, juga terdapat dua ranu yang tidak kalah indahnya

Keindahan Ranu Regulo di pagi hari
Foto: Republika/Hazliansyah
Keindahan Ranu Regulo di pagi hari

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Bicara tentang keindahan Ranu Kumbolo memang tidak akan pernah ada habisnya. Airnya yang jernih dikelilingi bukit nan indah, belum lagi cerita perjalanan menapaki jalur pendakian untuk menuju danau seluas 15 hektare, akan selalu meninggalkan kesan dan cerita tersendiri.

Tapi Ranu Kumbolo bukan satu-satunya danau (ranu) yang ada di kaki Gunung Semeru. Di dekat Desa Ranu Pani, juga terdapat dua ranu yang tidak kalah indahnya. Yakni Ranu Regulo dan Ranu Pani.

Jika ke Ranu Kumbolo kita harus menempuh jalur pendakian berjam-jam, ke Ranu Regulo dan Ranu Pani hanya perlu berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit.

Sama dengan Ranu Kumbolo, baik Ranu Regulo dan Ranu Pani juga punya keindahannya tersendiri. Namun dengan suasana yang tak jauh berbeda.

Kabut tipis, udara dingin, air danau yang jernih, serta vegetasi di sekelilingnya. Membuat wisatawan akan terpana dengan keindahannya.

1. Ranu Regulo

Ranu Regulo adalah danau yang berada di ketinggian 2.200 mdpl. Letaknya berada di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dari pusat desa kita hanya perlu berjalan sekitar 15 sampai 20 menit. Jalurnya sangat mudah dilalui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement