Kamis 26 Apr 2018 14:22 WIB

Generasi Milenial Minati Beli Rumah dalam Waktu Dekat

Masih ada kendala, di antaranya, uang muka.

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Winda Destiana Putri
Perumahan, ilustrasi
Perumahan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hunian saat ini menjadi perhatian banyak kalangan, termasuk generasi milenial. Bahkan banyak yang sudah merencanakan pembelian hunian dalam kurun waktu enam bulan ke depan.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, berdasarkan hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment index H1-2018, sebanyak 63 persen responden mengaku berencana membeli rumah dalam enam bulan ke depan. Dari total responden yang optimistis membeli rumah, sebesar 44 persen berasal dari kelompok usia 21-29 tahun atau milenial muda.

"Sementara, 35 persen lainnya berasal dari milenial tua, kelompok usia 30-39 tahun," katanya dalam acara Ngobrolin Properti (NGOPI) yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Graha Niaga Thamrin, Kamis (26/4).

Menurut dia, hasil survei tersebut menunjukkan kesadaran generasi milenial untuk memiliki hunian sendiri sudah cukup tinggi. Namun, masih ada kendala, di antaranya, uang muka.

Padahal, pemerintah telah menurunkan besaran uang muka hingga tinggal 15 persen untuk pembelian rumah pertama. Para pengembang juga banyak memberikan promo menarik untuk para konsumen.

"Untuk itu, mereka perlu diberikan advokasi ataupun panduan langkah-langkah proses pembelian rumah yang benar maupun bagaimana cara menemukan hunian idaman yang tepat," ujar Marine.

Hal tersebut perlu dilakukan sebab harga properti yang diperkirakan akan meningkat pada akhir tahun ini. Ia memperkirakan kenaikan harga properti bisa mencapai dua hingga tiga persen pada akhir 2018.

"Jadi, kalau tidak beli properti sekarang, sayang nanti," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement