Kamis 26 Apr 2018 12:06 WIB

Dedi Mulyadi: Rest Area di Jalur Wisata Dongkrak Pariwisata

Jabar akan menjadi destinasi wisata yang nyaman, aman, dan bersih.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Rahmat Santosa Basarah
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi
Foto: Republika/Edi Yusuf
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID,PURWAKARTA -- Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan intensitas kunjungan wisatawan yang cukup tinggi setiap tahunnya. Sebab, ratusan objek wisata, mulai dari wisata alam, kuliner, fashion, sampai wisata berbasis digital, ada di wilayah ini.

Dengan potensi ini, Calon Wakil Gubernur Dedi Mulyadi memiliki upaya lain untuk terus mendongkrak jumlah wisatawan. Menurut Dedi, salah satu upaya untuk mempertahankan sekaligus mendongkrak jumlah wisatawan adalah menyediakan rest area di sepanjang jalur wisata. Rest area ini, lanjut Dedi, akan dibangun oleh Pemprov Jabar. Pasalnya, keberadaan rest area sangat diperlukan di lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

"Di sepanjang jalur wisata, misalkan, di wilayah Jabar selatan, itu akan disediakan rest area," ujar Dedi kepada Republika, Kamis (26/4). Rest area tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas ibadah (mushala), toilet, serta area untuk relaksasi. Dengan begitu, para wisatawan yang hendak rekreasi, sebelum tiba di lokasi tujuan, bisa beristirahat di rest area yang tersedia.

Konsep ini, lanjut Dedi, akan direalisasikan jika dirinya bersama Cagub Deddy Mizwar terpilih pada pilgub Jabar 2018. Alasan mengapa rest area di sepanjang jalur wisata ini sangat penting sebab selama ini belum ada tempat peristirahatan milik pemerintah yang ada di sepanjang jalur tersebut. Rest area milik swasta atau perorangan sudah sangat banyak. Sementara itu, rest area yang dikelola pemerintah belum ada. Karena itu, lanjut Dedi, rest area ini sangat penting. "Bisa saja nanti biaya pembangunannya sharing dengan pemerintah daerah setempat," ujarnya.

Tak hanya itu, jika terealisasikan, dirinya berjanji rest area ini akan menjadi percontohan. Bahkan, kebersihan dan kenyamanan menjadi prioritas utama. Dengan begitu, Jawa Barat akan menjadi destinasi wisata yang aman, nyaman, serta bersih. N ita nina winarsih (ita)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement