Kamis 26 Apr 2018 10:38 WIB

Waspada, Daun Selada Romaine Jadi Sumber E. coli di Amerika

E. coli dalam waktu singkat bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Indira Rezkisari
Daun selada Romaine merupakan bahan utama untuk salad, terutama Caesar Salad.
Foto: AP
Daun selada Romaine merupakan bahan utama untuk salad, terutama Caesar Salad.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika kembali dihebohkan dengan kejadian luar biasa penyakit E. coli. Kali ini daun salad Romaine diduga menjadi penyebab E. coli.

Berdasarkan laporan Centers for Disease Control (CDC), sudah terdapat 84 kasus E. coli di 19 negara bagian AS, Kamis (26/4). Sebanyak 31 kasus E. coli diduga disebabkan oleh daun selada Romaine yang tumbuh di Yuma, Arizona.

Dari mereka yang sakit, 42 telah dirawat di rumah sakit. Angka ini berada di tingkat yang lebih tinggi dari biasanya terlihat pada kasus E. coli. CDC menyebutkan, sembilan dari pasien tersebut telah berkembang ke gagal ginjal. Belum ada kematian yang dilaporkan.

Pencarian sumber wabah sedang berlangsung. CDC dan Administrasi Makanan dan Obat-obatan mengatakan bahwa Yuma, Arizona, dan daerah-daerah berkembang adalah sumbernya, tetapi tidak ada peternakan yang diidentifikasi.

Daerah Yuma adalah tempat tumbuh sebagian besar selada yang dipanen di AS selama bulan-bulan musim dingin. Namun, para pejabat mengatakan bahwa selada yang sekarang ada di toko-toko atau di restoran mungkin dari California Central Valley atau Lembah Salinas dan belum terlibat dalam wabah.

CDC mendesak konsumen untuk tidak makan selada Romaine kecuali mereka tahu itu bukan dari daerah Yuma. Larangan termasuk semua jenis selada, apakah dipotong, utuh, atau dalam campuran salad. CDC menyarankan konsumen untuk membuang daun Romaine apa pun yang mungkin berasal dari wilayah Yuma, bahkan jika sebagian sudah dimakan tanpa tanda penyakit.

Tiga negara tambahan yang terkena dampak wabah ini adalah Colorado, Georgia, dan Dakota Selatan. Pennsylvania telah memimpin negara dalam kasus yang dilaporkan, dengan 18 kasus, diikuti oleh California dengan 13 kasus, dan Idaho dengan 10 kasus. Kasus terbaru melibatkan orang yang sakit pada 12 April, tetapi CDC mencatat bahwa penyakit yang muncul sejak 5 April mungkin belum dilaporkan otoritas.

E. coli adalah bakteri yang dapat tumbuh dalam kotoran hewan atau manusia. Jenis E. coli khusus ini menghasilkan racun Shiga yang menyebabkan gejala berat, seperti muntah dan diare, dan juga dapat menyebabkan gagal ginjal.

Izabella Radovich dari Wilton, California, termasuk di antara mereka yang sakit karena makan salad yang terkontaminasi. Anak berusia 16 tahun dari pedesaan Sacramento itu telah makan salad setiap hari dalam sepekan sebelum dia jatuh sakit.

"Dia seorang remaja. Dia mencoba untuk mengurangi junk food dan menjadi lebih sehat," kata ibunya, Tiffany Halley (36 tahun), kepada the Washington Post.

Namun, Radovich mulai kedinginan, demam, dan keram perut pada 6 April. Dalam dua hari, rasa sakitnya berlipat dan terus buang air besar serta diare.

Selama beberapa hari, Halley membawa putrinya ke dokter anak dua kali, dan dua kali bergegas membawanya ke ruang gawat darurat karena dia sangat kesakitan. Pada 10 April, CDC telah mengeluarkan pengumuman pertama tentang wabah penyakit E. coli.

Keesokan harinya, Halley pergi ke kantor dokter lagi. Menurut Halley, dokter mengatakan bahwa Radovich masih muda dan memiliki ginjal yang sehat.

Dua hari kemudian, pada 13 April, kulit Radovich berubah menjadi pucat dan kuning. Dia juga tidak lagi buang air kecil, tanda-tanda bahwa dia menderita jenis gagal ginjal yang berpotensi mengancam nyawa yang dikenal sebagai Hemolytic Uremic Syndrome atau HUS.

Mereka kembali ke ruang gawat darurat. Radovich divonis mengalami gagal ginjal. Ia lalu dibawa dengan ambulans ke rumah sakit anak-anak terdekat di Roseville.

Remaja itu tinggal di ICU selama delapan hari. Dia harus menerima semua nutrisinya secara intravena dan telah menjalani empat kali transfusi darah untuk mengobati anemia berat.

"Mereka menunggu racun meninggalkan tubuhnya sepenuhnya," kata Halley. Pada Senin, hasil tes dari sampel tinja menegaskan bahwa penyakitnya adalah bagian dari wabah. Remaja itu masih di rumah sakit pada Rabu. Menurut Halley, dokter mengatakan bisa memakan waktu tiga bulan untuk jumlah darahnya naik ke tingkat normal.

Bahkan setelah putrinya jatuh sakit, beberapa teman dan kenalan tidak menyadari betapa serius penyakitnya sampai mereka melihat Radovich di rumah sakit. "Ini telah menjadi mimpi buruk absolut," kata Halley. "Satu-satunya cara saya bisa menggambarkannya, hanya melihat anak Anda sakit seperti itu, itu adalah perasaan yang paling memilukan di Bumi."

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement