Rabu 25 Apr 2018 11:23 WIB

Kunci Perawatan Kulit Wanita Indonesia

Kulit wanita Indonesia sangat membutuhkan sunscreen.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kulit wanita Indonesia umumnya berhadapan dengan sinar matahari sebagai musuh utamanya.
Foto: dok Republika
Kulit wanita Indonesia umumnya berhadapan dengan sinar matahari sebagai musuh utamanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia adalah negara tropis dengan intensitas sinar matahari tinggi dibandingkan negara empat musim. Meskipun berada pada iklim tropis yang panas, namun tingkat kelembaban udara di Indonesia tinggi.

"Kondisi cuaca dan iklim ini akan mempengaruhi kondisi kulit penduduk yang tinggal di Indonesia," ujar Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Anesia Tania, SpKK, dalam acara Talkshow yang diselenggarakan Ristra Cosmetodermatology, bertema Kulit Wajah Sehat, Cantik Kini Hingga Nanti, di Jakarta, Selasa (24/4).

Ia menjelaskan masalah kulit yang biasa terjadi di negara tropis adalah kulit kering, sensitif, kusam, pigmentasi (flek), tumor ganas atau tumor jinak, dan kendur. Menurutnya perawatan kulit paling utama di negara tropis adalah perlindungan dari sinar matahari.  

Sinar matahari mempercepat penuaan dini, sehingga kulit harus dilindungi.“Penuaan dini kulit lebih cepat dialami orang yang sering terpapar sinar matahari," ujarnya.

Untuk melindungi kulit dari sinar matahari dapat dilakukan dengan proteksi fisik dan kimia. Proteksi fisik misalnya menggunakan topi, payung, atau kacamata hitam. Sedangkan proteksi kimia dilakukan dengan penggunaan sunscreem.

Sunscreen berbeda dengan sunblock. Sunscreen lebih protektif dibandingkan sunblock karena memiliki spketrum luas, melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B. Produk sunscreen ditandai dengan kadar Sun Protector Factor (SPF) sekaligus PA.

Kebutuhan SPF berbeda tergantung lama aktivitas. Untuk tipe kulit  4 sampai 6, yaitu kulit tropis, SPF 15 sudah cukup protektif terhadap sinar matahari. SPF 15 artinya bisa bertahan 2 sampai 3 jam. Semakin terang kulit, SPF semakin tinggi. Ingat bahwa sunscreen baru aktif minimal 30 menit setelah diaplikasikan. Jadi gunakan minimal 30 menit sebelum beraktivitas, dan ulangi setiap 2 sampai 5 jam tergantung kandungan SPF-nya.

Prinsip perawatan kulit pada dasarnya harus disesuaikan dengan tipe kulit, apakah normal, berminyak atau kering dan tipe kulitnya tipe 1 sampai 6. Selain memilih produk sesuai dengan tipe kulit, lakukan juga pembersihan dan eksfoliasi. Selain itu jangan lupa gunakan pelembab. Menurutnya kulit berminyak bukan berarti tak butuh pelembab. Dan hindari polusi, asap rokok dan stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement