Rabu 25 Apr 2018 11:02 WIB

Juri Kasus Pelecehan Cosby Mulai Berembuk

Istri Cosby selama 50 tahun hadir di persidangan untuk pertama kali.

Bill Cosby bersama istrinya Camille Cosby di persidangan kasus pelecehan seksual terhadapnya, (24/4).
Foto: AP
Bill Cosby bersama istrinya Camille Cosby di persidangan kasus pelecehan seksual terhadapnya, (24/4).

REPUBLIKA.CO.ID, NORRISTOWN -- Bukti dari sejumlah tuduhan pemerkosaan yang dilakukan oleh Bill Cosby selama puluhan tahun akhirnya bermunculan. Penuntut umum dalam pengadilan terhadap Cosby di Pennsylvania kemarin mengatakan hal tersebut sebagai pernyataan akhirnya di persidangan.

Hari ini (25/4) juri yang terdiri dari tujuh pria dan lima wanita akan mulai membahas vonis mereka terhadap Cosby. Dalam persidangan kemarin, Asisten Jaksa Penuntut Umum daerah Montgomery, Stewart Ryan, mengatakan terdakwa menghabiskan waktu tahunan membangun kepercayaan orang kepadanya. "Dia menggunakannya setiap melakukan pelecehan ke korbannya. Waktunya bagi terdakwa untuk kabur dari hukum sudah usai."

Cosby (80 tahun) menjalani persidangan atas tiga dakwaan pelecehan seksual terhadap Andrea Constand (45) yang diduga dilakukannya Januari 2004. Kurang lebih 50 wanita sudah menuduh Cosby, sosok yang sangat kebapakan di peran-peran di film, sebagai pelaku pelecehan. Tapi hanya kasus Constand yang bisa laik dilanjutkan ke persidangan. Cosby menolak semua tuduhan, mengatakan semua bentuk aktivitas seksual diantaranya dan korban dilakukan dengan persetujuan.

Pada persidangan terakhir hanya Constand dan satu wanita yang bersaksi. Di persidangan kali ini lima wanita bersaksi. Semuanya mengaku mereka dibius lalu dilecehkan.

Pada argumen penutupnya, pengacara Cosby menyerang saksi dengan mempertanyakan kredibilitasnya. Jaksa balik marah mengatakan upaya mempermalukan korban adalah alasan tidak ada wanita yang mau melaporkan kejahatan seksual terhadapnya.

Pengacara Cosby menuduh Constand sebagai pembohong. Dan para saksi hanya ingin mendapatkan uang dari Cosby.

Istri Cosby selama 50 tahun, Camille Cosby, menghadiri persidangan untuk pertama kalinya sejak perkara di sidangkan pada 9 April. Dikutip dari Malay Mail Online, Constand juga hadir untuk melihat pernyataan penutup di persidangan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement