Kamis 19 Apr 2018 07:11 WIB

Pahami 5 Hal Ini Sebelum Beli Mobil Secara Kredit

Pilih mobil sesuai kebutuhan dan kemampuan mencicilnya.

Mobil. Ilustrasi
Foto: Sciencealert
Mobil. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Mobil merupakan kendaraan yang kini tidak lagi dijadikan kebutuhan sekunder. Namun, pada zaman yang modern ini, mobil menjadi sarana mobilitas yang utama dalam menjalani segala aktivitas.

Semakin banyaknya orang yang membutuhkan mobil, sehingga ada banyak sekali pengajuan kredit dari tahun ke tahun demi mendapatkan kendaraan tersebut.

Umumnya orang yang memilih mobil sesuai dengan kebutuhan, misalnya dari

bentuk mobil, kapasitas, dan cicilan per bulan. Mereka semua juga berusaha mencari tipe mobil yang sesuai dengan kemampuan dalam mencicil nantinya.

Jika Anda ingin mendapatkan mobil yang sesuai dengan keinginan, bisa juga memanfaatkan promo yang sedang ada di mal atau bahkan promo akhir tahun. Namun sebelum membeli mobil, pastikan jika memang kendaraan tersebut akan Anda manfaatkan dengan baik. Pastikan juga jika Anda mampu menutup tagihan atau cicilan setiap bulannya.

Dikutip dari Cermati.com, berikut ini adalah hal-hal yang wajib Anda ketahui sebelum membeli mobil secara kredit.

  1. Mau Punya Mobil Baru atau Seken?

    Sebelum membeli mobil, tentukan apakah Anda ingin membeli mobil baru atau mobil seken. Anda bisa memilih salah satunya dan menyesuaikan dengan kemampuan finansial tentunya. Mobil baru yang murah itu banyak. Begitu juga dengan mobil seken yang murah.

    Intinya tergantung dari jenis atau tipe mobil yang Anda inginkan. Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil seken, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, misalnya kondisi bagian dalam mobil atau kondisi mesin mobil.

    Apakah mobil pernah terendam banjir atau tidak? Bagaimana riwayat mobil? Apakah mobil pernah mengalami kecelakaan dan berapa kilometer mobil tersebut.

  2. Perhitungkan Uang Muka Kredit Mobil

    Ketika Anda akan membeli mobil dengan cara kredit, pasti akan dibutuhkan yang

    namanya uang muka. Untuk membayar uang muka, Anda juga akan diberikan

    tenggang waktu. Sebaiknya, Anda mempersiapkan uang muka untuk kredit mobil

    tersebut. Biasanya uang muka akan dikenakan 25 persen dari harga mobil tersebut.

    Namun, jika Anda ingin kredit lebih ringan, ada baiknya berikan uang muka yang

    lebih besar sehingga Anda akan membayar cicilan dengan nilai yang lebih kecil dari yang sudah ditentukan.

  3. Cari Diskon yang Masuk Akal

    Umumnya dealer mobil akan memberikan potongan dari harga mobil dengan syarat tertentu. Sebaiknya, Anda jangan tergiur dan teruburu-buru mau membeli mobil tersebut karena bisa jadi diskon itu hanya iming-iming di awal saja.

    Carilah dealer mobil yang memberikan harga dan diskon yang masuk akal sehingga Anda akan mendapatkan untung dan mendapatkan mobil yang berkualitas juga. Pandai-pandailah dalam bernegosiasi agar nantinya Anda mampu menawar harga dengan tepat dan murah.

  4. Lakukan Survei Mobil

    Pastikan jika Anda melakukan survei sebelum menyetujui kredit mobil tersebut.

    Jangan terlalu buru-buru dalam menentukan mobil mana yang hendak Anda pilih.

    Ada baiknya jika Anda melakukan survei pada mobil. Cek setiap detailnya agar tidak membeli mobil yang merugikan Anda di masa mendatang. Anda juga bisa mencari dealer yang terkenal dengan kualitas mobilnya yang bagus. Pastikan jika harga mobil sesuai dengan kondisi mobil yang akan dibeli.

  5. Cek Surat Mobil

    Jangan lupa untuk mengecek kelengkapan surat dari mobil agar nantinya tidak ada kesalahpahaman di masa mendatang. Anda harus mengecek STNK dan BPKB dari mobil tersebut. Pastikan jika Anda akan menerima surat yang isinya sama dengan kondisi mobil, baik dari warna, plat, nomor mesin, maupun lain sebagainya. Jangan ragu untuk menanyakan kelengkapan surat pada delaer yang Anda tuju agar nantinya tidak ada kerugian yang dapatkan di kemudian hari.

Apakah Menentukan Cicilan Kredit Itu Penting?

Sebelum Anda menentukan akan melakukan kredit mobil, ada baiknya jika membicarakan terlebih dahuu bagaimana kredit ini akan berjalan. Hal ini akan sangat menentukan seperti apa track record Anda dalam mencicil mobil.

Pastikan jika cicilan yang ditentukan mampu Anda lunasi setiap bulannya. Pastikan jika uang muka yang hendak Anda berikan menghasilkan cicilan yang lebih rendah dari sebelumnya.

Selain itu, yakinkan diri Anda, apakah Anda mampu melunasinya sesuai tempo waktu yang ditentukan atau tidak. Agar nantinya tidak ada tunggakan yang memberatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement