Rabu 18 Apr 2018 09:23 WIB

Kendalikan Berat Badan dengan Makanan Kaya Protein

Sumber protein tertentu membantu perut cepat kenyang dengan kalori lebih rendah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Brokoli
Foto: Darmawan/Republika
Brokoli

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rutin olahraga dibarengi asupan kaya protein akan membantu mengendalikan berat badan. Berikut sederet makanan lezat sumber protein yang akan membuat Anda mencapai bobot ideal dan tetap ramping, dikutip dari laman Indian Express.

Kacang almond

Sebagian orang sulit menahan diri untuk tidak mengudap tengah malam. Jika Anda termasuk salah satunya, coba kudapan kacang almond yang membuat perut lebih cepat kenyang dan memberi asupan protein untuk tubuh.

Brokoli

Sayuran hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk brokoli. Selain sumber protein yang baik, brokoli sekaligus mengandung vitamin B1, asam lemak omega-3, dan magnesium.

Telur

Konsumsi telur sangat membantu dalam pengendalian berat badan. Setiap butir telur mengandung enam gram protein dan kandungan lain seperti vitamin B12, yodium, selenium, dan vitamin B2 (riboflavin).

Kelapa

Masukkan kelapa sebagai bagian dalam diet sehat dalam bentuk olahan makanan atau minuman. Kelapa yang kaya akan treonin, asam amino penyusun protein, juga membantu melindungi liver.

Susu

Mungkin tidak semua orang dewasa suka minum susu, tapi tak bisa disangkal bahwa susu adalah sumber protein hewani yang baik. Minum segelas susu menyumbangkan sekitar delapan gram protein dalam diet harian.

Selai kacang

Sebagian orang menghindari selai kacang karena mengira kandungan kalorinya sangat tinggi. Padahal, konsumsi selai kacang berguna mengenyangkan perut lebih lama sekaligus memberi tubuh asupan protein tinggi.

Kacang hijau

Kacang hijau mengandung mangan, vitamin B1, vitamin K, dan serat sehingga sangat sehat. Konsumsi secangkir kacang hijau sama dengan memberikan tubuh sekitar 10 gram protein nabati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement