Rabu 18 Apr 2018 07:47 WIB

Dua Desa Wisata di Girimulyo Diresmikan

Rintisan Gunung Gilingan merupakan salah satu tempat napak tilas Sultan HB IX

Objek wisata di Kulon Progo / Ilustrasi
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Objek wisata di Kulon Progo / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  KULONPROGO -- Destinasi wisata baru diresmikan dalam kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kabupaten Kulonprogo. Dibuka Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, dua desa wisata tersebut diresmikan Wakil Bupati, Sutedjo.

Dua destinasi wisata baru itu merupakan obyek wisata Rintisan Puncak Gunung Gilingan di Padukuhan Patihombo, Desa Purwosari, dan obyek wisata Rintisan Watu Jendhul di Padukuhan Bulu, Desa Giripurwo.

Kepala Desa Purwosari, Purwito mengatakan, Rintisan Gunung Gilingan merupakan salah satu tempat napak tilas Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Sampai saat ini, masih ada bekas persinggahannya.

"Sedangkan, Rintisan Watu Jendhul merupakan tempat yang indah untuk dikunjungi karena banyak tempat atau spot-spot untuk berfoto dan pengunjung dapat melihat hijaunya alam dan perbukitan," kata Purwito.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo, mengungkapkan apresiasinya kepada masyarakat. Terutama, karena sampai saat ini masih semangat memelihara alam dan memanfaatkannya untuk obyek wisata dan kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap, masyarakat tidak cuma pandai menebang pohon, tapi pandai menanam. Itu seperti yang dilakukan orang tua dulu dan sampai sekarang masih dilakukan, yaitu jika menebang pucuk pohon untuk ditancapkan di bekas pohon yang ditebang.

"Ini mengandung maksud kita tidak hanya bisa menebang pohon, tapi harus bisa menanam kembali pohon agar dapat dinikmati anak cucu kita nanti," ujar Sutedjo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement