Rabu 18 Apr 2018 05:23 WIB

Ingin Punya Usaha Kecil-kecilan? Ikuti 6 Tip Berikut

Ada banyak ujian yang dihadapi seseorang menjalankan sebuah bisnis.

Ilustrasi Bisnis.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ilustrasi Bisnis.

REPUBLIKA.CO.ID, Memulai sebuah usaha bukanlah hal yang mudah. Sebab, semua itu membutuhkan konsentrasi ke segala aspek. Ada banyak sekali ujian yang akan dihadapi ketika seseorang menjalankan sebuah bisnis.

Misalnya, saingan baru ataupun orang yang iri kepada Anda. Belum lagi kendala yang ada dalam bisnis Anda sendiri. Selain itu, pastikan jika Anda tahu apa saja produk yang dijual. Jangan menjual produk yang sudah umum tanpa ada ciri khas atau inovasi baru. Untuk lebih jelasnya, inilah tip mengawali usaha kecil-kecilan yang dikutip dari Cermati.com.

  1. Ikuti Passion Anda

    Pertama, pastikan jika Anda memiliki passion yang benar-benar spesial. Pastikan juga jika memang Anda berkompeten di bidang tersebut. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan atau memanfaatkan passion yang Anda miliki sebaik mungkin untuk berbisnis. Usaha kecil akan sangat menyenangkan dijalankan, bahkan akan berkembang jika hal tersebut dilakukan dengan ikhlas.

  2. Asah Kemampuan Anda

    Jangan ragu untuk terus mengasah kemampuan Anda untuk bisa memajukan usaha kecil yang saat ini sedang dibangun. Asah terus skill yang Anda miliki dan pastikan jika Anda mampu untuk berkembang dengan keahlian yang Anda miliki.

    Jangan segan untuk ikut berlatih dan bergabung dengan berbagai komunitas atau grup apa pun yang positif dan bermanfaat. Jangan ragu untuk maju terus dan mencari ilmu dari mana saja. Sebab, sampai kapan pun ilmu harus terus dicari dan digali agar Anda kaya akan pengetahuan dan pengalaman.

  3. Buat Inovasi Baru

    Buatlah sesuatu yang baru atau lebih tepatnya buatlah produk yang memiliki ciri khas khusus, spesial, dan tidak bisa didapatkan di mana pun, kecuali di tempat Anda. Jangan menganggap jika inovasi tidak terlalu penting untuk dilakukan.

    Sebab, Anda harus bisa melakukan inovasi dengan berbagai cara demi memajukan bisnis Anda yang kecil menjadi jauh lebih berkembang dan besar.

    Misalnya, Anda membuat inovasi baru dari segi rasa jika Anda berbisnis di bidang kuliner. Buatlah rasa yang unik dan membuat pembeli menganggap kalau hanya di tempat Anda mereka bisa mendapatkannya.

  4. Jangan Malu

    Memulai usaha akan membutuhkan mental yang super tangguh, kuat, dan bahkan sekuat baja. Jangan pernah mudah putus asa dengan apa yang Anda alami. Jangan malu dengan apa yang sedang Anda jalani.

    Ingatlah jika kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan dan percaya diri adalah kuncinya. Karena itu, Anda sebaiknya percaya pada diri sendiri jika mampu menjalani apa pun yang sedang dihadapi hingga akhirnya usaha tersebut mampu berkembang dan menjadi besar.

  5. Tentukan Target Pasar

    Menentukan target pasar adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini sebenarnya harus dilakukan pada awal sebelum Anda menjalankan usaha. Namun, banyak sekali pengusaha yang lupa siapa target pasarnya ketika tengah menjalani usaha.

    Jika Anda saat ini keluar dari apa tujuan usaha Anda, alangkah baiknya perbaiki dari awal dan usahakan selalu mengulas setiap hal baru dalam usaha Anda. Jangan ragu untuk mengulas dan melakukan koreksi dalam usaha agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang fatal dalam usaha yang sedang Anda bangun.

  6. Buat Promosi

    Buatlah promosi dengan sebaik mungkin. Pastikan jika Anda menggunakan segala media yang ada. Misalnya, Facebook atau Instagram. Bahkan, Anda bisa menggunakan media cetak, seperti majalah, koran, atau iklan pada spanduk yang bisa dipasang di pinggir jalan. Pastikan jika Anda menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan memberikan promo yang menarik kepada seluruh khalayak.

    Apakah Bisnis Kecil Berpeluang Menjadi Besar?

    Semua jenis usaha bisa saja menjadi besar. Satu kuncinya adalah keyakinan dan usaha keras tanpa batas. Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu berpikir positif dalam segala kondisi. Usaha yang kecil sangat mungkin untuk menjadi sukses dan besar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

    Segala sesuatu membutuhkan yang namanya kerja keras. Kembangkanlah skill yang Anda miliki. Selain itu, jangan terlalu terbawa dengan omongan orang lain. Anda juga bisa ikut bergabung dalam komunitas pengusaha startup. Di sana Anda akan belajar banyak hal dari banyak orang dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda.

    Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement