Selasa 17 Apr 2018 08:55 WIB

Pemeran Senior Amoroso Katamsi Tutup Usia

Amoroso dikenal karena memerankan sosok Soeharto dalam film G30S/PKI.

Rep: n Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Amoroso Katamsi
Foto: REPUBLIKA/Yogi Ardhi
Amoroso Katamsi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Pemeran senior Indonesia, Amoroso Katamsi, meninggal dunia dalam usia 77 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr Mintohardjo, Jakarta Pusat, Selasa (17/4) pukul 01.40 WIB.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh penulis Rayni Massardi. Ia menyampaikan, saat ini pihak keluarga telah membawa jenazah almarhum ke rumah duka di Komplek Angkatan Laut Pangkalan Jati, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan.

"Duka cita yang dalam. Mas Amoroso sosok yang lembut dan ramah. Kami pernah kerja bareng dalam pembuatan film G-30S/PKI," kata Rayni kepada Republika.co.id, Selasa (17/4).

Pada film arahan sutradara Arifin C Noer itu, Amoroso berperan sebagai Presiden RI ke-2 Soeharto yang kala itu berkuasa. Sementara, Rayni menjadi bagian dalam kru produksi sebagai petugas kontiniti.

Amoroso berkarier di dunia perfilman sejak 1976, dengan sinema perdana Cinta Abadi. Beberapa judul film lain yang dia bintangi yaitu Cinta Putih (1977), Serangan Fajar (1981), Djakarta 1966 (1982), dan Di Balik 98 (2015).

Ia utamanya dikenal karena memerankan sosok Soeharto dalam film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI atau G-30S/PKI. Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) itu juga berperan dalam banyak sinetron.

Amoroso adalah suami dari almarhumah Pranawengrum Katamsi, penyanyi sopran dengan julukan ibu seriosa Indonesia. JenazahAmoroso akan dimakamkan selepas Zuhur setelah dishalatkan di Masjid Imam Bonjol Pangkalan Jati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement