Ahad 15 Apr 2018 02:39 WIB

Netflix Mengundurkan Diri dari Festival Cannes

Netflix yang enggan menayangkan filmnya di bioskop tak memenuhi syarat panitia.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Endro Yuwanto
Red Carpert Cannes Film Festival
Red Carpert Cannes Film Festival

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Perusahan layanan streaming Netflix memutuskan untuk mengundurkan diri dari keterlibatan DI Festival Film Cannes tahun 2018. Hal tersebut dilakukan setelah pernyataan larangan film-film Netflix mengikuti festival yang diadakan di Prancis itu.

Tahun lalu, pihak penyelanggaran Film Festival Cannes mengumumkan tidak akan menerima film yang tak melakukan pendistribusian ke bioskop Prancis. Atas keputusan tersebut, Netflix yang enggan menayangkan filmnya di bioskop tidak memenuhi syarat yang diajukan.

"Kami ingin film kami berada di tanah yang adil dengan setiap pembuat film lainnya," kata Kepala Konten Netflix Ted Sarandos, dikutip dari EW, Ahad (15/4).

Sarandos membuat pernyatan tersebut setelah direktur artistik Cannes Thierry Frmaux mengumumkan perubahan syarat. Dengan keputusan tersebut, perusahaannya memilih untuk undur diri karena perlakukan tidak hormat yang diterima.

"Ada risiko bagi kami mengambil langkah dan juga pembuat film diperlakukan dengan tidak hormat di festival. Mereka sudah menciptakan situasi ini. Saya rasa tidak baik bagi kami untuk berada di sini," kata Sarandos.

Atas perseteruan tersebut, banyak pihak pun menyayangkan sikap yang dibuat Cannes dan Netflix. Kompetisi festival film ini akan diadakan pada 8-19 Mei 2018 di Cannes, Prancis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement