Sabtu 14 Apr 2018 08:11 WIB

Jaga Postur Bayi Terlahir Besar Bisa Cegah Diabetes

Bayi yang lahir dengan berat di atas 4 kilogram berisiko 1,5 kali terkena diabetes.

Diabetes
Foto: Boldsky
Diabetes

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Para orang tua sebaiknya menjaga postur tubuh bayi yang terlahir besar dengan berat di atas 4 kilogram. Cara tersebut untuk mencegahnya mengidap penyakit diabetes saat dewasa.

"Ada hitungannya tinggi badan dan berat badan itu harus mencapai kriteria. Gampangnya jika tingginya 160 centimeter berat badannya 54 plus minus 10 persen, jadi antara 50 sampai 60 kilogram, itu berat badan yang harus dijaga sepanjang usianya," kata ahli endokrin metabolisme dan diabetes dr Em Yunir SpPD-KEMD di Jakarta, Jumat (13/4).

Bayi yang dilahirkan dengan berat di atas 4 kilogram bisa memiliki risiko 1,5 kali lipat lebih besar terkena diabetes saat dewasa dibandingkan pada bayi yang terlahir dengan berat badan normal. Namun salah satu pencegahan agar anak tersebut tidak terkena diabetes saat dewasa ialah dengan menjaga berat badan tubuhnya tetap ideal.

Selain itu, orang yang terlahir besar juga harus lebih rajin melakukan aktivitas fisik. "Mau nggak mau anak itu wajib melakukan aktivitas fisik," kata Yunir.

Yunir menambahkan anak tersebut juga harus menjaga pola makan agar tidak berlebihan kalori, serta tidak mengonsumsi makanan yang dijual dengan tingkat kebersihan yang rendah. Namun dia menekankan segala upaya pencegahan tersebut tidak bisa memastikan seorang bayi yang terlahir besar tidak akan terkena diabetes saat dewasa, kendati ada pula yang tidak terkena diabetes saat dewasa.

"Semua sudah ada antisipasinya. Banyak studi yang memperlihatkan keberhasilan untuk menghambat diabetes tidak muncul, yang tadinya bisa muncul pada 30 tahun, mungkin di usia 40 baru muncul," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement