Selasa 10 Apr 2018 06:50 WIB

Oppie Andaresta Ubah Puisi Jadi Lagu

Puisi yang diubah dari Buku Latihan Tidur karya Joko Pinurbo.

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra
Oppie Andaresta
Foto: mp3indodownload.blogspot.com
Oppie Andaresta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Oppie Andaresta menggubah puisi menjadi lagu untuk pertama kalinya. Puisi-puisi tersebut merupakan karya penyair Joko Pinurbo dari Buku Latihan Tidur.

Oppie mengungkapkan bahwa ini mungkin takdirnya. Ia tiba-tiba merasa klop dengan puisi Joko Pinurbo. “Saya melihat puisinya dia (Joko PInurbo) itu karakternya sebetulnya ada beberapa yang sama dengan lirik-lirik lagu saya,” ujar dia.

Dalam album tersebut terdapat sembilan puisi yang diubah menjadi lagu. Dua di antaranya pilihan Jokpin yaitu 'Hati Jogja' dan 'Pacar Kecilku'. Sementara ketujuh lain, ia pilih sendiri.

“Kalau pemilihan lagunya, sih. Saya melihat lagu 'Malam Ini Tidur di Matamu' itu, kan pendek. Ada juga puisi-puisi yang saya pilih karena pertimbangan, kalau dibikin lagu cocok,” jelas Oppie kepada Republika.co.id, di Perpustakaan Nasional RI, Ahad (8/4).

Selain berdasarkan pertimbangannya, ia juga memilih puisi berdasarkan ceritanya, “Tapi, ada puisi-puisi yang saya pilih karena jalan ceritanya. Kaya 'Baju Bulan' itu pedih banget.”

Penyanyi yang menyukai puisi karya penyair Indonesia seperti Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, serta Rendra ini juga sempat menulis buku puisinya sendiri di tahun 2006 dengan judul Biru Hitam Merah Kesumba bersama dua penulis lainnya, Lulu Ratna dan Olin Monteiro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement