Rabu 04 Apr 2018 07:01 WIB

Pertolongan Pertama Melawan Stres

Tak ada salahnya menyediakan kacang-kacangan atau biji-bijian di meja kerja.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Memanjakan diri salah satu cara atasi stres.
Foto: Womanitely
Memanjakan diri salah satu cara atasi stres.

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir setiap orang pernah mengalami stres sehingga Anda tidak perlu merasa sendirian saat menghadapi tekanan itu. Pakar nutrisi Pippa Campbell mengungkapkan sejumlah hal yang bisa menjadi pertolongan pertama melawan stres.

Bernapas

Campbell menganjurkan metode pernapasan sedang ketika stres melanda. Metode yang ia sebut '4-1-6' itu berarti menarik napas selama empat detik, menahannya selama satu detik, lantas mengembuskannya selama enam detik.

Camilan kaya protein

Makan adalah salah satu jawaban yang disarankan, tetapi usahakan mengasup camilan sehat kaya protein. Tak ada salahnya menyediakan kacang-kacangan atau biji-bijian di meja kerja, selain yoghurt, telur, atau almon.

Asupan Omega 3

Asupan Omega 3 dari salmon, rami, kenari, dan kedelai akan mencegah perasaan tertekan. Teratur mengonsumsi suplemen omega-3 yang mengandung DHA dan EPA juga disebut Campbell dapat mengurangi kecemasan hingga 20 persen.

Bahan herbal

Menambahkan bahan herbal ke dalam makanan atau minuman seperti ginseng, basil, akar manis, dan astragalus termasuk bantuan manjur untuk membuat Anda rileks. Seluruh akar yang dapat dimakan itu dijamin ampuh karena dikenal sebagai 'tanaman penyembuh'.

Detoks digital

Menghindar sejenak dari layar digital dan gawai akan mengurai pikiran ruwet dan tekanan yang melanda. Campbell menyarankan untuk menghentikan penggunaan seluruh perangkat teknologi itu sekitar 60-90 menit jelang tidur.

Mewarnai

Ketika beban seperti mengambil alih otak dan pikiran, cobalah duduk tenang dan lakukan hal apapun selain memikirkan pemicu stres. Mengalihkan perhatian dengan mewarnai buku bergambar untuk orang dewasa akan menghilangkan stres dan bersantai.

Manjakan diri

Setiap orang membutuhkan me time sedikitnya 15 menit setiap hari, tidak perlu berbelanja pakaian mahal atau spa, cukup lakukan hal yang menyenangkan seperti membaca majalah atau ngopi, dikutip dari laman Hello Magazine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement