Senin 02 Apr 2018 12:45 WIB

Tepuk Tangan Kim Jong-un untuk Artis Kpop Korsel

Kim Jong-un beberapa kali bertanya tentang lagu dan lirik yang dibawakan.

Rep: Marniati/ Red: Indira Rezkisari
Pemimpin Korut Kim Jong-un (kiri) bertepuk tangan saat menonton konser seni musisi Korsel didampingi Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Do Jong.
Foto: AP
Pemimpin Korut Kim Jong-un (kiri) bertepuk tangan saat menonton konser seni musisi Korsel didampingi Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Do Jong.

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Artis K-Pop Korea Selatan (Korsel) tampil untuk pertama kalinya di Korea Utara (Korut) setelah lebih dari satu dekade. Ratusan penonton memadati gedung teater di Pyongyang timur untuk menyaksikan pertunjukan ini. Diantara para penonton yang hadir terdapat pemimpin Korut Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju.

Ini adalah pertama kalinya seorang pemimpin Korut menghadiri pertunjukan Korsel. Kim terlihat bertepuk tangan untuk beberapa lagu dan kemudian berfoto dengan para pengisi acara setelah pertunjukan.

"Teman dekat pemimpin kami mengatakan bahwa Kim tergerak oleh pandangan orang-orangnya untuk memperdalam pemahaman mereka tentang budaya populer Korsel," kata media negara Korut, KCNA.

Menteri Kebudayaan Korut Do Jong-whan mengatakan Kim begitu antusias menyaksikan pertunjukan ini. Beberapa kali ia menanyakan tentang lagu dan lirik yang dibawakan oleh artis Korsel.

photo
Pemimpin Korut saat bertemu dengan girlband Red Velvet yang tampil di konser musik di Pyongyang, Korut.

Dalam foto yang diterbitkan KCNA terlihat wajah pemimpin Korut tersebut sedikit memerah saat berfoto dengan para pengisi acara. Di foto lainnya, Kim terlihat sedang menyapa girl band Red Velvet, yang memiliki lebih dari 4,6 juta pengikut di Instagram.

Para penonton Korut begitu menikmati pertunjukan ini. Mereka bertepuk tangan, bersorak dan ikut bernyanyi untuk beberapa lagu. Penonton juga menyerahkan karangan bunga untuk para artis Korsel.

Konser ini mengusung tema "Spring is Coming". Pengisi acara diantaranya penyanyi lawas Cho Yong-pil, Lee Sun-hee, bintang rock Yoon Do-hyun, penyanyi Baek Ji-young dan juga girl band Red Velvet.

Sesuai dengan tema acara, Kim Jong-un berharap akan adanya musim semi yang sejahtera untuk kedua negara. Delegasi Korsel termasuk seniman, atlet taekwondo, wartawan dan pejabat pemerintah melakukan perjalanan ke Pyongyang pada Sabtu. Ini merupakan kunjungan budaya balasan setelah Korut mengirim perwakilannya di Olimpiade Musim Dingin pada Februari lalu.

photo
Seohyun, personel Girls Generation, menyanyikan lagu pop Korut yang berjudul "Blue Willow Tree".

Seohyun, seorang personel Girls Generation, menyanyikan lagu pop Korut yang berjudul "Blue Willow Tree". Dia pernah tampil bersama Orkestra Samjiyon Korut di Seoul pada Februari lalu.

Selain konser, tim taekwondo Korsel ikut menunjukan keahliannya mereka di Aula Taekwondo Pyongyang. Ini disaksikan oleh lebih dari 2.300 warga Korut termasuk Ketua tua Komite Panduan Olahraga Nasional Choe Hwi.

Cho Yong-pil, penyanyi berusia 68 tahun, menyanyikan serangkaian lagu termasuk "The Cafe in the Winter", "Short Hair " dan "Let's Go on a Trip". Cho mengadakan konser solo di Pyongyang pada 2005 lalu. Ini merupakan konser terakhir artis Korsel di Korut.

Para artis Korsel ini akan mengadakan konser bersama dengan artis Korut pada Selasa di Ryukyung Chung Ju Yung Gymnasium. Ini merupakan sebuah tempat yang menjadi proyek gabungan antara Korut dan Korsel. Namanya diambil dari pendiri Grup Hyundai Chung Ju-yung. Ia telah lama menganjurkan pertukaran budaya dan ekonomi antar-Korea.

Kedua Korea secara teknis masih berperang setelah konflik 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata dan bukan perjanjian damai, dilansir dari Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement