Ahad 01 Apr 2018 21:56 WIB

Insiden Nuklir Chernobyl Diabadikan dalam Drama Televisi

Bencana Chernobyl tercatat sebagai kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Kubah perlindungan bagi sisa-sisa reaktor Unit 4 di PLTN Chernobyl, 5 April 2017. Ledakan di Unit 4 pada 26 April 1986 adalah kecelakaan terbesar dalam sejarah reaktor nuklir dunia.
Foto: EPA
Kubah perlindungan bagi sisa-sisa reaktor Unit 4 di PLTN Chernobyl, 5 April 2017. Ledakan di Unit 4 pada 26 April 1986 adalah kecelakaan terbesar dalam sejarah reaktor nuklir dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, CHERNOBYL -- Kecelakaan reaktor nuklir Chernobyl di Ukraina diabadikan dalam sebuah drama televisi. Miniseri akan menceritakan seluk-beluk insiden yang terjadi pada 1986 itu, termasuk ketegangan dan proses evakuasi warga kota.

Bencana Chernobyl tercatat sebagai kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah. Meledaknya salah satu reaktor di sana menyebabkan radiasi 100 kali lebih parah dibandingkan bom atom Nagasaki-Hiroshima.

Saluran televisi HBO dan perusahaan televisi satelit digital Sky berkolaborasi menghadirkan miniseri berjudul Chernobyl tersebut. Dalam lima bagian, miniseri juga berfokus pada kondisi pascabencana.

Chernobyl dibintangi aktor Jared Harris, Stellan Skarsgard, dan aktris Emily Watson. Skarsgard memerankan tokoh Boris Scherbina, Kepala Biro Bahan Bakar dan Energi Uni Soviet yang bertanggung jawab atas kondisi Chernobyl usai insiden.

photo
Wanita melintasi kubah perlindungan bagi sisa-sisa reaktor Unit 4 di PLTN Chernobyl, 5 April 2017. Ledakan di Unit 4 pada 26 April 1986 adalah kecelakaan terbesar dalam sejarah reaktor nuklir dunia.

Ia menghadapi konflik antara mematuhi otoritas politik dan kenyataan yang amat berbeda di lapangan. Sementara, Emily Watson berperan sebagai fisikawan nuklir Ulana Khomyuk yang menjalankan misi menemukan penyebab bencana.

Tokoh Khomyuk pun harus mengalami pertentangan dilematis. Ia mempertaruhkan nyawa saat mencoba menggali lebih jauh misteri ilmiah tersebut, karena harus berhadapan dengan orang-orang yang memegang rahasia mengerikan.

Proses syuting Chernobyl akan segera dimulai tahun ini, tetapi belum ada tanggal pasti penayangannya. Dengan pemeran top dan topik bersejarah, miniseri ini diharapkan menjadi tayangan menarik, dikutip dari Culture Whisper.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement