Sabtu 31 Mar 2018 17:55 WIB

6 Hal Pemicu Kanker yang Ada di Sekitar Anda

Hal sederhana di sekitar kita, seperti plastik ternyata bisa menyebabkan kanker.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Alat pemanggang/ilustrasi
Foto: vemale.com
Alat pemanggang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker adalah hasil dari kerusakan atau mutasi genetik dalam DNA. Menurut Badan Internasional untuk Penelitian Kanker di bawah naungan WHO, banyak hal di sekeliling kita yang mengandung zat-zat yang berkaitan dengan kanker, seperti berikut.

- Alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi dapat meningkatkan risiko mengidap kanker payudara dan leher rahim. Namun, penelitian juga menunjukkan alat ini bisa menurunkan kemungkinan kanker endometrium, ovarium, atau kolorektal.

- Plastik

Plastik bisa berbahaya, terutama yang mengandung bahan kimia BPA. Meski banyak produsen plastik melabeli produk dengan "bebas BPA", masih banyak plastik yang menyebabkan kanker payudara dan prostat.

- Alat pemanggang

Menurut Institut Kanker Nasional AS, daging yang dimasak dengan alat pemanggang bisa merilis bahan kimia berbahaya. Hasilnya tidak positif menyebabkan kanker, tetapi mengubah DNA dengan cara serupa kanker.

- Tanning bed

Menurut Skin Cancer Foundation, penggunaan ranjang penjemur alias tanning bed meningkatkan risiko kanker kulit melanoma. Mereka yang berlebihan menggunakannya sebelum usia 35 tahun meningkatkan risiko sebanyak 75 persen.

- Alkohol

Konsumsi alkohol secara rutin meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker tenggorokan, hati, payudara, dan usus besar. Institut Kanker Nasional mengatakan, risiko itu meningkat sesuai jumlah yang diminum.

- Rokok

Sebatang rokok mengandung sedikitnya 70 jenis zat kimia pemicu kanker. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan, nonperokok yang terpapar asapnya pun berisiko terkena kanker paru-paru antara 20-30 persen, dikutip dari laman Business Insider.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement