Selasa 03 Apr 2018 05:57 WIB

5 Cara Meraih Kesuksesan di Era Globalisasi

Persaingan antara manusia semakin ketat di era globalisasi.

Pendidikan dan Teknologi harus semakin ditingkatkan agar bisa mengikuti persaingan.
Foto: ABCNews
Pendidikan dan Teknologi harus semakin ditingkatkan agar bisa mengikuti persaingan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Era globalisasi adalah era di mana persaingan antara satu manusia dan yang lain semakin kuat dan ketat. Jangan ragu untuk membuat perubahan dan gebrakan besar untuk hidup. Jangan memandang remeh apa yang orang lain lakukan. Sebab belum tentu Anda juga bisa melakukannya.

Ada banyak sekali persaingan yang terjadi di era globalisasi. Misalnya, persaingan dalam dunia pendidikan, bisnis, atau pengusaha, bahkan dalam penciptaan teknologi. Namun, yang paling penting jangan sampai Anda berdiam diri. Sementara yang lainnya sudah bergerak maju ke depan atau selangkah di depan Anda.

Jadilah orang yang sukses dan berani mengambil risiko untuk kemajuan dalam diri serta hidup. Ada banyak sekali cara untuk meraih kesuksesan di era globalisasi seperti yang dikutip dari Cermati.com berikut ini.

Berpikiran Terbuka (Open Minded)

Berusahalah untuk berpikiran terbuka dalam hal apa pun selama itu tidak merugikan dan tidak keluar dari norma. Anda bisa berteman dengan siapa pun, tapi tetap perhatikan apa manfaatnya berteman dengan mereka.

Jangan terlalu berpikir mundur atau ke belakang. Sebab apa yang sudah ada di belakang hanyalah pengalaman. Ingatlah, jika di depan masih ada hari dan masa depan yang menanti Anda.

Jangan takut untuk berteman dengan banyak orang. Bahkan, jika mampu, bertemanlah dengan seluruh orang dari berbagai belahan dunia. Dan dengan banyaknya teman, Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan, informasi, dan lain sebagainya yang tentunya bermanfaat.

photo
Pada usia balita, anak sedang belajar mengenal aturan dan sopan santun.

Punya Karakter yang Baik (Good Character)

Ubahlah karakter Anda untuk bisa maju dan berkembang di era globalisasi. Jangan memelihara sifat buruk yang bisa membuat Anda merugi di masa depan. Ada banyak sekali sifat buruk yang bisa merugikan diri Anda, misalnya malas. Malas adalah sifat yang buruk. Malas bisa membuat segala pekerjaan tertunda dan itu berarti kesuksesan masih sangat jauh dari Anda.

Ubahlah sifat malas Anda dengan kedisiplinan. Tentu segala rencana pekerjaan Anda akan semakin cepat terselesaikan dengan baik. Selain sifat malas, sifat iri hati adalah sifat yang wajib untuk diubah. Jika tidak diubah, hal ini akan sangat merugikan diri dan mental Anda sendiri.

Iri hati adalah sifat di mana Anda merasa tidak mampu melakukan apa yang orang lain lakukan. Karena itu, ada baiknya ubahlah karakter diri Anda untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

photo
Mengajarkan disiplin bisa dilakukan sambil bermain

Kebiasaan yang Baik (Good Habit)

Untuk menjadi orang yang sukses, Anda sebaiknya mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik. Misalnya, Anda selalu telat ketika ada pertemuan atau bahkan sekadar kumpul bersama sahabat.

Dari hal ini, Anda bisa belajar yang namanya kebiasaan baik. Jangan pernah merasa jika kebiasaan baik hanya untuk orang yang rajin. Ingatlah jika semua orang harus memiliki kebiasaan baik agar bisa sukses ke depannya, terutama di era globalisasi seperti sekarang ini.

Perilaku yang Baik (Good Attitude)

Miliki etika yang baik agar bisa berkumpul dengan banyak orang. Percuma jika Anda pintar dan banyak uang jika kualitas etika Anda rendah. Pastikan jika setiap etika yang Anda tunjukan kepada banyak orang itu baik. Setiap orang tidak akan memandang siapa Anda. Sebab sebelum itu, etika Anda yang akan dinilai terlebih dahulu.

Misalnya, ketika sedang bersama orang tua, pastikan berbicara menggunakan bahasa dan tata krama yang baik. Jangan membuat orang tua merasa tersinggung dengan apa yang Anda katakan. Contoh dari konteks yang sempit ini bisa membuat Anda lebih baik dalam menghadapi banyak orang nanti.

Memiliki Impian yang Besar (Big Dreams)

Orang yang hidup di era globalisasi harus memiliki impian yang besar. Tidak hanya impian saja yang harus Anda miliki, tapi juga harus disertai dengan usaha yang keras dan jangan putus asah. Setop untuk memerhatikan kekurangan orang lain. Jangan terlalu melihat orang lain dan pastikan jika Anda berusaha terus untuk memperbaiki diri demi mendapatkan apa yang Anda impikan.

Bagaimana Jika Saya Tidak Menghiraukan Perkembangan Zaman?

Jika tidak memerhatikan bagaimana zaman ini berkembang, Anda akan mengalami yang namanya kemunduran. Ketahuilah jika setiap detik dunia ini semakin berkembang dan begitu juga dengan persaingan di dalamnya. Jangan merasa jika Anda tidak harus turut andil dalam perkembangan zaman.

Sebab bagaimana pun Anda juga memiliki peran penting dalam mengembangkan diri sendiri dan zaman di era globalisasi. Kerugian yang bisa Anda dapat, di antaranya Anda akan tertinggal informasi, ketinggalan perkembangan tekonologi, dan bahkan tidak bisa menyesuaikan diri dengan banyak orang.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement