Selasa 27 Mar 2018 06:05 WIB

15 Benda Rumahan Ini Bisa Sebabkan Kanker (3-tamat)

Sejumlah benda di rumah bisa mengandung bahan kimia yang membahayakan tubuh.

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Dapur dengan meja beralaskan granit.
Foto: Pixabay
Dapur dengan meja beralaskan granit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sofa di rumah Anda mungkin terasa nyaman untuk diduduki. Padahal, sofa yang nyaman itu bisa saja bersifat karsinogenik jika mengandung zat kimia tahan api bernama TDCIPP.

Sofa bukan satu-satunya 'hal biasa' di sekitar rumah yang diam-diam bisa bersifat karsinogenik, atau memicu terjadinya kanker. Reader's Digest mengungkapkan setidaknya ada 15 benda biasa di sekitar rumah yang dapat bersifat karsinogenik dan perlu diwaspadai. Berikut ini adalah kelimabelas benda tersebut.

Buku Perpustakaan

Menurut Library of Congress dan sumber-sumber resmi lain, buku perpustakaan, artefak di museum hingga perlengakapan medis perlu disterilisasi atau difumigasi dengan etilena oksida. Di sisi lain, zat ini diketahui bersifat karsinogenik.

Solusinya, hindari membawa barang yang terpapar dengan etilena oksida ke dalam rumah.

Pembasmi Rumput Liar

Sebagian orang menyingkirkan rumput liar di kediaman mereka dengan menggunakan hebrisida. Beberapa produk hebrisida mengandung zat karsinogen bernama glyphosate yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Perhatikan label sebelum membeli pembunuh rumput liar untuk membasmi rumput. Anda juga bisa mempertimbangkan weedkiller yang terbuat dari bahan alami.

Spray Serangga

Serangga di dalam rumah bisa membawa penyakit. Tapi menyingkirkan seranga dengan pestisida kimia juga dapat meningkatkan risiko kanker. Pestisida kimia juga ditemukan pada spray yang biasa digunakan dalam perawatan hewan peliharaan.

Gunakan spray pembasmi serangga yang dengan kandungan pestisida dengan toksisitas yang lebih rendah. Alternatif lain, Anda bisa membuat pembasmi serangga dengan bahan alami.

Meja Granit

Radon terbentuk secara alami dari kerusakan radioaktif pada uranium di bebatuan dan tanah. Paparan radon juga bisa berasal dari meja granit.

Jika tinggal di area yang tinggi akan kadar uranium dan radium atau jika memiliki meja granit, sebaiknya Anda melakukan pengukuran kadar radon di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement