Senin 26 Mar 2018 02:00 WIB

Artis Arumi Bachsin Jadi Duta Wisata Desa Glinggang

Penobatan sebagai duta wisata dilakukan bersamaan dengan Festival 'Methik' Panen Raya

Arumi Bachsin
Foto: arsipberita.com
Arumi Bachsin

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Artis Arumi Bachsin menjadai Duta Kreatif Wisata di Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, setelah dinobatkan oleh warga desa setempat. Penobatan sebagai duta wisata ini dilakukan saat Arumi menghadiri Festival 'Methik' Panen Raya di Desa Gelanggang, pada Sabtu (24/3).

Istri Cawagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak itu mengaku tertarik menghadiri Festival Methik di Desa Glinggang untuk megapresiasi warga setempat yang mayoritas menggantungkan hidup dari bertani namun dengan dengan segala keterbatasannya tidak menyurutkan para pemudanya untuk berinovasi. "Dalam berbagai keterbatasan, masyarakat Desa Glingggang menemukan formula kreatif untuk menarik wisatawan dengan membuat acara rutin tahunan Festival Methik, yang berasal dari jati diri dan budaya desa setempat," katanya dalam keterangan pers tertulis, Ahad (25/3).

Acara ini mampu mendatangkan sedikitnya 5 ribu wisatawan lokal maupun mancanegara. Festival Methik merupakan simbol perwujudan rasa syukur masyarakat Desa Glinggang terhadap nikmat yang diberikan Tuhan atas panen yang berlimpah.

Penyelenggaraan Festival Methik tahun ini adalah yang kedua dan masyarakat setempat bertekad untuk rutin mengagendakannya setiap tahun, dan mendapat dukungan dari para seniman dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Perayaannya dikemas sebagai wadah, ruang dan sarana menginformasikan segala potensi desa dalam balutan "Glinggang Village Festival" yang diselenggarakan satu hari penuh mulai pagi hari hingga malam.

Sejumlah seniman dari mancanegara tampak turut ambil bagian dalam perayaan ini, di antaranya musisi Christian Meija dari Kostarika dan Silvia Larraury dari Spanyol, serta penari Malena dari Argentina.

Arumi merasa terhormat karena dengan kehadirannya warga setempat kemudian menobatkannya menjadi Duta Kreatif Wisata bagi Desa Glinggang. Dia merasa pemilihan dirinya sebagai Duta Wisata adalah simbol bagi warga generasi muda di desa setempat untuk bersama-sama mengenali segala potensi yang ada dan bersama-sama pula mengembangkannya.

"Para pemuda harus berperan aktif mempromosikan wisata Jawa Timur dengan menggali dan mengembangkan segala potensi yang ada di daerahnya masing-masing," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement