Kamis 22 Mar 2018 16:53 WIB

BCL, Bimbim, Hingga Glenn Fredly Temui Jokowi di Istana

Mereka membahas strategi untuk industri musik mendatang dengan Jokowi.

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Yudha Manggala P Putra
Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan sejumlah artis yang berkecimpung di dunia musik, Kamis (22/3).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan sejumlah artis yang berkecimpung di dunia musik, Kamis (22/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan puluhan artis dan musisi papan atas Tanah Air. Nama-nama seperti Bunga Citra Lestari, Bimbim, Glenn Fredly, Endah, Rhesa, hingga Erwin Gutawa hadir dalam pertemuan tersebut.

Jokowi pun menyampaikan keinginannya agar para pelaku industri musik bisa bersama-sama dengan pemerintah membangun sebuah strategi khusus untuk industri musik pada masa mendatang semisal 2050-2060. Rancangan program tersebut harus dibangun dari sekarang dengan target yang lebih realistis.

"Dengan angka 10 tahun ke depan kita siapkan aspek ekonominya, kebudayaannya dengan konsentrasi dan fokus pada tahapan pondasi-pondasinya," kata Jokowi membuka pertemuan ini, Kamis (22/3).

Jokowi meminta tahapan yang disiapkan lebih matang agar ada hasil konkret yang bisa didapatkan ke depannya. Hal yang bisa dilakukan dalam memperkuat industri musik misalnya mengenai tata kelola industri itu sendiri, kemudian masalah perlindungan hak cipta, dan inovasi dalam bermusik.

"Saya kira kalau strategi besar dalam rangka visi ke depan itu bisa kita rumuskan akan lebih memberikan penjelasan tentang apa sih yang harus pemerintah lakukan dan apa sih yang pelaku harus lakukan," ujarnya.

Dia berharap dengan tata kelola yang dibangun sejak sekarang tidak ada lagi hal yang harus dikhawatirkan, meski pemimpin negara harus berpindah tangan setiap lima tahun sekali. Program yang dibahas dan dimasukkan ke pemerintah pun nantinya bisa menjadi acuan agar kinerja pemerintah lebih serius dalam membangun industri musik nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement